Pages

Rabu, 11 Maret 2020

Tips membeli rumah syariah

Penipuan KPR syariah di Indonesia baru - baru ini terungkap. Dengan tidak adanya bunga, denda dan sita membuat banyak orang tergiur. Dengan iming-iming rumah dengan harga miring syariah pembeli melupakan banyak hal yang perlu diperhatikan.

Seperti yang dikutip dari finance.detik.com, agar tak menjadi korban penipuan dari para pengembang properti abal, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah harus melakukan pendataan dan melakukan monitoring serta berkoordonasi dengan semua pengembang properti yang ada di daerahnya.
Selain itu, Khalawi juga menambahkan ada beberapa catatan penting atau tips yang harus diperhatikan masyarakat ketika ingin membeli rumah lewat pengembang, antara lain:

1. Pahami Sistem Pembayaran Syariah

Bukan rumah syariah, melainkan hanya sistem pembayarannya saja yang menggunakan sistem syariah islam, yaitu transaksi tanpa adanya bunga dan denda, akad jual atau beli tanpa ada perantara (bank) alias dilakukan langsung oleh pemilik dan pembeli, harga jual tidak akan berubah sejak akad, tidak ada asuransi, tanpa adanya sita jika pembeli mengalami kendala keuangan dan tak sanggup melunasi cicilan.

2. Perhatikan Dokumen Penting saat Beli Rumah

Masyarakat jangan mudah tergiur dengan harga murah. Paling penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan site plan yang dimiliki oleh pengembang perumahan yang bersangkutan.

3. Cek Kelegalan Pengembang Properti di SIRENG

Bagi masyarakat yang ingin membeli rumah lewat pengembang properti, sebaiknya cek kelegalan pengembang tersebut di aplikasi Sistem Registrasi Pengembang (SIRENG) atau akses langsung di www.sireng.pu.go.id.
Bukan hanya itu saja, masyarakat juga bisa melihat identitas 13.793 pengembang dan 19 asosiasi perumahan terdaftar (REI, Himperra, Apersi dan lainnya) yang melaksanakan pembangunan rumah subsidi di Indonesia.

Cermat Sebelum Membeli

Masyarakat harus cermat terlebih dahulu sebelum membeli rumah jika tak ingin merugi di kemudian hari karena ditipu oleh pengembang properti abal. Sebaiknya masyarakat jangan hanya melihat harga yang murah saja, tapi lihat juga secara keseluruhan mengenai informasi pengembang perumahannya. Jika perlu, pilih saja pengembang yang sudah terdaftar di SIRENG. Selain lebih mudah dalam memilih pengembang properti, pastinya juga akan lebih aman.
Demikian tips membeli rumah syariah.

1 komentar:

Marsya mengatakan...

AJO_QQ poker (k)
kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
- play aduQ
- bandar poker
- play bandarQ
- capsa sunsun
- play domino
- play poker
- sakong
-bandar 66
-perang baccarat (new game )
Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!! :d
PROMO MENARIK
di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
Permanent (acak) |
Whatshapp : +855969190856 ;-)

Posting Komentar

berikan komentar terbaikmu, tapi jangan nyepam yaa..