Kamis, 24 September 2015

berhasil atasi penyebaran cacar air dengan internet cepat #goforit

Posted by Perumahan asri 11.06, under ,,,, | No comments

Sumber gambar : Search google

Berhasil atasi penyebaran cacar air dengan internet cepat #goforit. Penyakit cacar air atau cangkrang ini merupakan penyakit kulit yang di derita saat daya tahan tubuh sedang menurun. Tahukah kamu penyakit cacar air atau cangkrang jika tidak di tangani dengan cepat akan semakin cepat menyebar ke seluruh anggota tubuh? penyakit ini sudah di kenal oleh masyarakat sejak dulu. Hanya saja tidak semua orang mengerti gejala awal penyakit ini sehingga baru di tangani saat bintik kecil telah menyebar ke seluruh tubuh. Kebayang gak kalau wajah dan anggota tubuh kita di penuhi oleh bintik-bintik seperti gambar di atas ? Apalagi saat penyakit ini sembuh, maka akan meninggalkan bekas bintik-bintik hitam. Apalagi untuk seorang wanita sepertiku yang sangat mengidamkan wajah mulus tanpa bintik hitam.
Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang cepat sekali penularannya yaitu dengan sentuhan, ataupun menggunakan pakaian atau benda bergantian dengan penderita ( seprti aids ). Tapi menurut informasi yang berkembang di masyarakat bahwa penyakit cangkrang atau cacar air / varicella ini akan diderita satu kali seumur hidup. Itu artinya jika anda sudah pernah mengalami penyakit ini maka anda tidak akan mudah tertular.
Aku termasuk anggota keluarga yang mudah sakit demam, sehingga saat aku demam tidak membuat aku panik. Minum obat penurun panas dan istirahat. Namun sakit kali ini berbeda, walaupun sudah minum obat penurun panas namun tidak begitu lama setelah beraktifitas suhu tubuh meningkat kembali. Badan terasa mudah sekali capek. Gejala itu aku rasakan dari hari minggu namun hari senin aku tetap masuk kerja. Hari jumat pagi hari saat hendak mandi aku melihat satu benjol kecil di perut seperti tampak di tanganku ini.
Akupun langsung mengempeskannya dan melap air yang di kelurkan benjolan kecil itu dan segera mandi. Saat berada di tempat kerja aku sudah merasa badanku meriang, namun aku tidak perdulikan. Hari sabtu pagi demam mulai terasa sehingga aku memutuskan tidak mandi tapi tetap berangkat kerja. Sepulang berkerja tubuh semakin lemah dan akupun langsung istirahat. Minggu pagi aku mendapati perut, dada dan punggungku terdapat beberapa benjolan kecil dan bintik-bintik merah ( seperti demam berdarah )

Apa yang harus aku lakukan di hari minggu untuk bintik-bintik ini ?
Secara sepontan aku ambil HP ( pingin punya " Smartfren 4G LTE Advanced " ), dan melakukan pencarian di internet mengenai yang aku alami. Untung ada " Internet cepat " yang membantuku mendapatkan beberapa informasi yang aku butuhkan dengan cepat. Beberapa pencarian menunjukkan bahwa aku menderita penyakit cacar air. Dari informasi di internet ini aku dapati informasi bahwa Gejala awal cacar air / Cangkrang / Varicella antara lain:
= Kondisi badan terasa menurun atau tidak fit, lemah dan mudah capek.
= Mulai merasakan demam disertai flu ringan.
= Mulai merasakan nyeri di pergelangan sendi dan ngilu, tapi tidak semua penderita mengalaminya, ada yang hanya demam beberapa hari.
= Pada anak-anak yang berusia diatas 10 tahun, gejala awalnya berupa sakit kepala, demam sedang dan rasa tidak enak badan. Gejala tersebut biasanya tidak ditemukan pada anak-anak yang lebih muda, gejala pada dewasa biasanya lebih berat.
= 24-36 jam setelah timbulnya gejala awal, muncul bintik-bintik merah datar (makula). Kemudian bintik tersebut menonjol (papula), membentuk lepuhan berisi cairan (vesikel) yang terasa gatal, yang akhirnya akan mengering. Proses ini memakan waktu selama 6-8 jam. 
= Selanjutnya akan terbentuk bintik-bintik dan lepuhan yang baru. Muncul bentol kemerahan seperti gelembung yang berisi air di permukaan kulit. Umumnya, muncul pertama kali di daerah dada.
= Setelah muncul bentol atau gelembung yang berisi air di seluruh tubuh, masa inkubasi dari cacar air ini adalah sekitar 2 - 3 minggu tergantung dari daya tahan tubuh penderita cacar air. Semakin kuat daya tahan tubuhnya, maka cacar air yang keluar di permukaan kulit hanya sedikit dan cepat mengering.
= Papula di wajah, lengan dan tungkai relatif lebih sedikit; biasanya banyak ditemukan pada batang tubuh bagian atas (dada, punggung, bahu). Bintik-bintik sering ditemukan di kulit kepala.
= Papula di mulut cepat pecah dan membentuk luka terbuka (ulkus), yang seringkali menyebabkan gangguan menelan. Ulkus juga bisa ditemukan di kelopak mata, saluran pernafasan bagian atas, rektum dan vagina.
= Papula pada pita suara dan saluran pernafasan atas kadang menyebabkan gangguan pernafasan.
= Bisa terjadi pembengkaan kelenjar getah bening di leher bagian samping.
= Cacar air jarang menyebabkan pembentukan jaringan parut, kalaupun ada, hanya berupa lekukan kecil di sekitar mata.
= Luka cacar air bisa terinfeksi akibat garukan dan biasanya disebabkan oleh stafilokokus.
Komplikasi Cacar Air atau Varicella
Anak-anak biasanya sembuh dari cacar air tanpa masalah. Tetapi pada orang dewasa maupun penderita gangguan sistem kekebalan, infeksi ini bisa berat atau bahkan berakibat fatal.

Komplikasi yang bisa ditemukan pada cacar air / Cangkrang adalah:
  • Pneumonia karena virus
  • Peradangan jantung
  • Peradangan sendi
  • Peradangan hati
  • Infeksi bakteri (erisipelas, pioderma, impetigo bulosa)
  • Ensefalitis (infeksi otak).

(sumber : cacar air )

Ngeri banget membaca informasi ini secara usiaku sudah 29 tahun ( dewasa ) membuatku semakin panik. dalam informasi tersebut ada beberapa obat tradisional yang dapat di gunakan untuk mengobatinya tapi perlu waktu untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut. Langsung saja aku sms bidan desa yang tinggal tidak terlalu jauh dari rumah, karena di hari minggu beliau sering tidak ada di tempat. Alhamdulillah beliau mempersilahkan kerumahnya, itu tandanya beliau berada di rumah. Aku bergegas mengeluarkan motor dan langsung tancap ke rumah beliau, eh tapi kata putranya beliau sedang keluar. Aku menunggu sebentar tapi tak kunjung datang, akupun mengambil motor dan hendak pulang ternyata beliau tiba juga. Bu bidan mengatakan bahwa aku menderita penyakit Cangkrang yang penyebarannya melalui udara jadi tidak boleh merasa dingin atau terkena udara bertiup agak kencang. Lega rasanya akhirnya mendapatkan obat dengan cepat.

Dari tiga bersaudara, aku satu satunya yang sejak kecil tidak pernah terserang penyakit kulit seperti ini. Seingatku kakak terserang penyakit cangkrang saat duduk di bangku SD sedangkan adik menderita penyakit ini saat masih duduk di bangku TK. Karena kejadian itu sudah lama sekali sehingga aku dan keluarga lupa gejala ataupun obat mengatasi penyakit ini. justru saat kakak sakit Cangkrang di desaku belum ada bidan desa, sehingga kakak menderita penyakit ini parah sampai ibu terpaksa menggundul kepala kakak agar mudah mengobati dengan salep. Saat adikku sakit penyakit ini kami sekeluarga belum ada "Internet cepat" sehingga pertolongannya sangat lambat terhadap penyakit yang mengakibatkan tubuh adikku di penuhi bintik-bintik. Hingga sekarang di usianya ke 16 tahun bekas bintik hitam itu tidak hilang di sekujur tubuhnya, paling banyak terlihat di seluruh kakinya. Aku mengenal Internet dan mulai ngeblog tahun 2009.
Obat yang di berikan oleh bidan desa itu tidak efektif menghentikan penyebaran bintik karena memang aku hanya di beri amifitamin, parasetamol dan amoxillin. 3 hari kemudian aku berobat lagi ke bidan desa tetangga karena bintik sudah mulai terlihat di kaki, tangan dan wajah. 

Di sini aku di suntik untuk menambah daya tahan tubuh dan di beri obat Amifitaamin, acetaminphenum, sammoxin dan fitamin C. Alhamdulillah sekarang bintik lukanya sudah mulai kering perlahan kecuali bintik yang berukuran agak besar yang tidak kunjung kering. Selain mengkonsumsi obat dari bidan desa setiap sore minum air perasan temuireng.Ciri-ciri tanaman temuireng menyerupai tumbuhan temulawak namun saat di potong warnanya putih jika agak kering akan terlihat kehitam-hitaman seperti tampak pada gambar.
temuireng

Temuireng dipercaya ampuh mengatasi penyakit gatal-gatal oleh orang jawa.
Bersyukur karena Allah telah memberiku ide untuk mencari informasi di Internet dan beruntung juga ada Internet Cepat sehingga penyakit ini tidak membuat tubuh dan wajahku penuh dengan bintik.

0 komentar: