Minggu, 13 Mei 2012

Tim dari Rusia, pesawat Sukhoi Super Jet 100

Posted by Haf Sari 14.13, under | No comments

Dari kemarin hari sabtu tim rusia telah datang dan meninap untuk ikut melakukan evakuasi korban pesawat sukhoi super Jet 100. Namun yang diijinkan membantu hingga hari ini minggu tanggal 13 mei 2012 hanyalah tip forensik saja. Seorang dokter dari Rusia memiliki inesiatif sendiri datang ke Indonesia untuk membantu pengidentifikasian jenazah dan diijinkan untuk membantu.

Namun sebuah heli dari rusia yang di datangkan ke Indonesia untuk membantu evakuasi jenazah tidak diperbolehkan untuk melakukan evakuasi. Hingga saat ini pula para tim evakuasi yang datang dari Rusia juga belum di ijinkan untuk membantu. Para warga rusia ini walaupun sudah datang dari kemarin dan menginap, namun sampai sekarang masih bertahan di tenda.

Para tim evakuasi ini masih menunggu di tenda dengan berbagai peralatan evakuasi, tambang dengan ukuran besar dan lainnya. Tim evakuasi ini sudah siap untuk terjun ke lapangan mengevakuasi para korban namun belum juga diterjunkan. Entah apa alasan pemerintah Indonesia menunda untuk menerjunkan mereka. Semakin banyak petugas dan semakin banyak peralatan yang digunakan maka akan semakin cepat pula proses evakuasi dilakukan.

Walaupun saya tidak tahu alasannya semoga keputusan tersebut adalah yang terbaik. Aku cuma bisa berdo'a agar proses evakuasi ataupun identifikasi segerah selesai dilakukan sehingga jenazah bisa dimakamkan dengan segera. Mengingat kondisi jenazah yang mengenaskan, maka semakin cepat proses evakuasi semakin baik.

Dikabarkan bahwa 75% badan pesawat jatuh kedasar jurang serta sebagian tertimbun dengan tanah longsoran. Ini diperkirakan akan semakin mempersulit proses, namun ini tidak mematahkan harapan agar evakuasi selesai dilakukan hari ini juga. Sudah sekitar 20an kantong mayat yang dibawah ke RS untuk di identifikasi.

0 komentar: