Jumat, 03 Juni 2011

Membuat Tape Ketan Hitam Manis

Posted by Haf Sari 17.46, under | No comments

Tape ketan Hitam merupakan makanan khas jawa. Biasa dibuat saat hari besar seperti Hari Raya.  Tape Ketan hitam biasa disajikan bersama Tetel. Maknyus rasanya jika dimakan dengan tetel. Ini caranya:
  1. cuci beras ketan hitam hingga bersih.
  2. rendam ketan hitam selama 2 hari 1 malam. Ingat setiap 1 hari 6 jam dibilas dan diganti air. (jika ketan pendek). Jika ketan pendek maka perendaman cuma sehari saja.
  3. Setelah proses perendaman maka cuci hingga bersih.
  4. Kukus sampai setengah matang.
  5. angkat dan pindahkan kesebuah wadah. Rendam dengan air sisa kukusan jika kurang tambah dengan air biasa sampai satu centi dari tinggi ketan hitam tersebut.
  6. Tunggu hingga air menyerap habis kedalam ketan.
  7. Kukus kembali hingga masak atau gembur.
  8. Angkat dan pindahkan kesebuah wadah dan jewer.
  9. Tungguh sampai dingin.
  10. Saat dingin campurkan dengan ragi bubuk. Untuk satu kilo ketan menggunakan ragi sebungkus seharga seribu atau sebanyak satu sendok teh.
  11. Siapkan wadah peragian dan lapisi dengan daun pisang.
  12. Masukkan ketan yang sudah diberikan ragi.
  13. Tutupkan bagian sisa daun keatasnya kalau tidak cukum maka tambahkan daun hingga tertutup rapat.
  14. Tradisi orang jawa setelah ditutup dengan daun ditambahkan satu siung bawang putih dan satu siung bawang merah, pasang utuh saja (tidak juga tidak apa-apa).
  15. Tutup dengan tutup wadah sehingga rapat.
  16. Tunggu hingga 2 malam atau sampai matang.
  17. Tape siap untuk dimakan.


(Catatan)
Saat membuat tape terutama saat meragi pastikan tangan bersih, pengragian tape ketan hitam sangat sensitif, terkena keringat sedikit saja pengragian tidak sempurna.
Tape tidak tahan lama. Ingat peragian akan tetap berlangsung jadi untuk mencegah tape semakin hari berubah menjadi asam maka panaskan hingga mendidih saja. Hal ini dilakukan agar ragi mati atau proses pengragian tidak terus berlangsung sehingga tape tetap manis. Walaupun ragi telah mati jika terlalu lama maka tape akan tumbuh jamur, rebus setiap malam atau pagi yang penting setiap hari sebentar saja.

0 komentar: