Senin, 28 Oktober 2013

Hari Sumpah Pemuda dan demo Mogok Kerja

Posted by Haf Sari 10.41, under | No comments

demo buruh, Pulo gadung, Jakarta

Senin, 28 Oktober 2013 adalah Hari Sumpah Pemuda dan demo Mogok Kerja serikat buruh di berbagai daerah. Apa yang kita maknai dari hari Sumpah pemuda??..

Sebelum hari sumpah pemuda 28 Oktober sudah direncanakan akan di adakan demo dan mogok kerja oleh sebagian karyawan perusahaan terutama karyawan dengan gaji harian. Tuntutan demo buruh di hari Sumpah pemuda diantaranya gaji UMR. Yah.. itulah hidup, apa yang kita dapatkan selalu saja kurang. Sebagian besar perusahaan tidak mampu membayar semua karyawannya dengan gaji UMR. Seperti halnya di Pasuruan, maka dari itu Perusahaan sekarang memberlakukan sistem Borong. Sistem borong ada dua yaitu borong bersama dan Individu. Sistem Borong Individu adalah Seorang buruh akan mendapatkan gaji sesuai dengan hasil barang yang dikerjakan sesuai dengan harga yang di tentukan perusahaannya. Misalkan saja perusahaan konfeksi sarung, untuk jahit satu kodi sarung di gaji dengan Rp 5.000. Sistem borong Kelompok / bersama adalah seorang buruh akan di gaji sesuai dengan yang di hasilkan satu kelompok dan di bagi dengan jumlah orang dalam kelompok tersebut. Misalkan lipat sarung perkodi Rp 1.500 sehari satu kelompok berjumlah 2 orang dengan hasil masimal 40 kodi dan 35 kodi. maka yang di peroleh hari itu 75 x 1.500 : 2. Mereka berdua masing masing mendapatkan Rp 56. 250

Apa yang kita ketahui dengan gaji?? Gaji karyawan harian perhari Rp 75.000 disebuah perusahaan. Sedangkan karyawan borong jahit seperti saya sehari cuma bisa menghasilkan 4 kodi. 4 x 5.000 = 20.000. Jika di lihat-lihat sangat jauh berbeda. Padahal untuk karyawan gaji harian / UMR kebanyakan banyak istirahatnya. Masuk jam 6 pagi. Jam 10.00 istirahat tidur-tiduran di musholah, jam 11.00 istirahat makan / minum. Sedangkan untuk karyawan borong, kadang sampai tidak istirahat.

Jika di fikir-fikir kebutuhan tidak ada habisnya. Lihat saja penjabat pemerintahan, walaupun gajinya jutaan perbulan belum termasuk tunjangan lainnya masih tetap saja korupsi. Mau jadi apa negara ini ?? tiak jauh memandang penjabat pemerintah MPR/ DPR / mentri. Di sektor RT saja ada korupsi.

Sumber gambar : @TMCPoldaMetro




Hubungannya apa yah Hari Sumpah Pemuda dan demo Mogok Kerja?? Mungkin hari Sumpah pemuda merupakan hari yang tepat untuk berdemo dan mogok kerja...

0 komentar: