Jumat, 02 September 2011

Membuat kripik gadung empuk dan renyah

Posted by Haf Sari 20.09, under | No comments

Anda mungkin sudah mengetahui kripik gadung itu seperti apa dan rasanya bagaimana? namun pernahkah anda berfikir bagaimana kripik gadung dibuat dan dari apa kripik gadung dibuat? Sebelumnya bahasdulu asal muasal kripik gadung. Dari cerita nenekku namun secara singkat saja ya pada jaman dahulu dewi sri merupakan dewi padi. Setelah desa makmur dan memiliki hasil panen melimpah warga desa menjadi tidak menghargai beberapa padi yang tertinggal disawah. Berhari-hari sehelai padi tersebut terdampar disawah tanpa ada yang memungutnya. Sang padipun bersedih dan kecewa pada warga. Sang padi memutuskan untuk bertapa dihutan untuk membalaskan kekecewaannya pada warga. Setelah bertahun-tahun padi itu tumbuh, namun tidak tumbuh sebagaimana padi lainnya. Batangnya panjang menjalar dan berduri, buahnya pun berada didalam tanah seperti ketela. 

Buahnya bulat dan besar sebesar kepala orang dewasa namun memiliki getah yang gatal jika terkena kulit serta jika dimasak dan langsung dimakan maka sipemakan akan keracunan. Sudah banyak korban yang meninggal keracunan buah gadung ini. Suatu hari ada pengembala yang baik hati dan ia kehutan sambil mencari bahan makanan untuk keluarganya dirumah. Dicari-cari namun tak ada satupun yang dapat dijadikan bahan makanan, kemudian ia melihat sebuah pohon gadung yang telah ditebang oleh seseorang. Pengembala itu hendak mengambil buahnya namun ia ingat bahwa gadung itu beracun. Pengembala hendak pergi namun langkahnya terhenti ketika ia mendengar suara " Tolong aku". Pengembala bertanya " siapa kamu?" Suara itu berkata " aku gadung, ambillah buahku, sebelum buahku busuk. Pengembala berkata " Tidak, kamu beracun". Aku tidak akan melukai kamu dan keluargamu namun engkau harus mengolahku dengan benar.

Ini cara mengolah gadung biar gurih

  1. Buah gadung dikupas kulitnya.
  2. Diiris tipis atau dipasra seperti membuat keripik pisang dengan pasra yang lebih besar.
  3. Jemur gadung hingga kering
  4. Angkat dan biarkan gadung dingin dulu sebelum direndam.
  5. Cuci bersih dan rendam gadung selama seharian
  6. Cuci bersih kembali.
  7. Tiriskan
  8. Rebus gadung dan airnya beri garam agar gadung sedap. Rahasia agar keripik gadung empuk adalah saat perebusan airnya dikasi enjet atau air rendaman gamping biar empuk. (dikukus juga tidak apa-apa namun jika dikukus jadi menggumpal dan nempel antara satu dengan yang lain).
  9. Perebusan cuma sebentar sampai gadung mengeras.
  10. Jemur gadung hingga kering
  11. Gadung empuk siap digoreng..
Selamat mencoba dan semoga berhasil..

0 komentar: