Senin, 16 April 2012

Buku Misterius

Posted by Haf Sari 11.23, under | No comments

Dia termenung seakan putus asah diteras kampus. Sebuah tugas skripsi yang tak kunjung rampung membuatnya frustasi. Dia kuliah disebuah Universitas swasta jurusan guru bahasa Inggris. Dia juga bekerja sebagai guru kelas disebuah sekolah dasar negeri. Diakhir kuliahnya Dia mendapatkan tugas Skripsi dan oleh guru pembimbing di minta untuk memilih salah satu topik. Dia memilih topik Speeling and writing dan memiliki keinginan bahwa Skripsi tersebut adalah pembelajaran yang akan diterapkan pada anak didiknya sendiri.

Dia membuat sebuah draf mengenai hal tersebut dengan berbagai sumber dan menerapkan pada anak didiknya untuk lebih memantapkan pembelajaran, istilahnya praktek. Namun sayang sekali beberapa kali draf dibuat ditolak oleh dosen penguji. Mereka bilang "jika memilih Speeling and Writing seharusnya diterapkan untuk setidaknya SMP". Namun dia masih bersikukuh pada pendiriannya dan yakin bahwa pembelajaran Spelling dan Reading untuk anak SD sangat penting. Karena dia melihat anak didiknya saat membacakan kalimat bahasa inggris bisa namun saat disodorkan sebuah kalimat bahasa Inggris anak didiknya tidak mengerti. Seringkali Dia mengalami sebuah ganjalan saat membuat soal bahasa Inggris, selalu nilai anak didiknya sangat jauh dari harapan. Anak didik Dia tahu jika membaca tomat dalam bahasa inggris itu tommatoes tapi saat diberikan tulisan Tommatoes dan ditanya bahasa Indonesianya mereka tidak tahu. Mengapa demikian? karena tulisan dan cara baca kata bahasa Inggris tidak sama.

Dia berkeinginan sekali membuat Skripsi dengan tema tersebut, namun  disetiap sumber memang hanya untuk SMP. Berbagai usaha dan cara meyakinkan guru penguji namun hasilnya tetap NOL. Hari ini Dia seakan tidak bersemangat lagi, teman-temannya sudah banyak yang selesai skripsi dan langsung ujian bahkan adapula yang telah menerima Ijasah.

Pagi ini Dia kembali kekampus, ingin mencoba mencari data contoh skripsi alumni di perpustakaan kampus. Dia berusaha mengambil dan membaca satu persatu skripsi namun tidak ada yang sesuai. Hari semakin siang namun Dia belum juga menemukan yang ia cari. Dia hendak keluar perpustakaan, namun tiba-tiba pandangannya menuju kesebuah skripsi. Dalam hatinya seakan terus bergejolak untuk melihat skripsi itu sebelum pergi. Diapun menghampiri dan mengambilnya. Dia tersenyum lebar, ternyata ini yang aku cari. Dia muli membaca namun teman-temannya menyusul dan berkata "Dia ayo kita sholat dulu, sebentar lagi kan ada konsultasi dosen". Diapun bingung..

Dia menginginkan skripsi tersebut namun peraturan perpustakaan bahwa tidak diperbolehkan membawa pulang atau keluar buku dari perpustakaan, sedangkan Dia membutuhkannya dan takut kehilangan skripsi itu. Teman-teman Dia menyarankan untuk mencatat nama dan data pada cover skripsi. Diapun menyetujuinya dan menyembunyikan skripsi tersebut ditempat yang sulit dijangkau orang lain. Merekapun keluar perpustakaan.

Sore hari sebelum pulang Dia kembali ke perpustakaan untuk melihat skripsi tersebut. Dia terlihat lemas kebingungan, skripsi itu raib dari tempatnya. Dia dan teman-temannyapun heran dengan hal ini dan mencari skripsi tersebut hingga tidak ada satu orangpun di perpustakaan. Hal ini mustahil karena tidak diperbolehkan dibawa keluar setiap buku yang ada diperpustakaan kampus. Sambil pulang Dia terus memikirkan hal tersebut. Dia teringat, saat baru masuk perpustakaan salah satu temannya menyodorkan sebuah contoh skripsi dan berkata "ini milik alumni namun Si pemilik telah meninggal dunia dan dia adalah anak Mojokerto. Dia takut sehingga tidak mengambilnya. Dia langsung bergegas melihat catatan yang ditulis mengenai skripsi yang raib itu. Ternyata dalam catatan, skripsi yang raib itu adalah milik alumni yang telah meninggal tersebut. Persis sekali mulai nama hingga asal penulis dicatatannya dengan apa yang dikatakan oleh temannya. 

Dia berkata dibenaknya, terimakasih kepadamu yang telah menunjukan contoh skripsi walaupun sesaat, semoga engkau tenang disisinya, diampuni segala dosamu dan diterima amal baikmu selama masih hidup Amin..

0 komentar: