Selasa, 07 Agustus 2012

Baca Al Qur'an, Peringatan Nuzulul Qur'an

Posted by Haf Sari 07.07, under , | 2 comments


Baca Al Qur'an merupakan kewajiban bagi seorang muslim baik pada bulan Ramadhan atau hari-hari biasa. Pada bulan ramadhan setiap tanggal 17 ramadhan di peringati yang di namakan Nuzulul Qur an. Nuzulul Qur an merupakan hari turunnya wahyu pertama kepada nabi muhammad saat berada di Gua Hira oleh Malaikat Jibril. Peringatan Nuzulul Qurandi peringati dan jatuh pada hari minggu malam setelah sholat tarawih tanggal 5 Agustus 2012.

Bacaan Al Qur an Surat Al Alaq dengan jumlah ayat 5 merupakan wahyu pertama nabi muhammad saat berada di gua hiro. Arti Surat Al Alaq adalah
  1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
  2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
  3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
  4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
  5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya
Baca Al Qur an merupakan hal yang selalu di lakukan saat pembukaan acara peringatan Nuzulul Quran. Peringatan Nuzulul  Quran di laksanakan setelah sholat tarawih. Setiap jamaah sholat akan menuju tempat di gelar acara peringatan Nuzulul Quran. Di tempatku panggung peringatan Nujulul Quran berada di pintu masuk Masjid, sehingga kami para jamaah bergerak ke arah pintu keluar. Para jamaah duduk di dalam masjid dengan menghadap panggung yang berada di arah pintu keluar.

Baca Al Qur an 30 jus adalah wajib saat di bukanya peringatan Nuzulul Qur'an. Setiap kelompok jamaah Tabliqh di berikan satu Jus untuk di baca bergantian. Untuk menyingkat waktu setiap kelompok membaca bersamaan agar saat selasai bersamaan. Kelompokku sedikit telat, tapi ternyata bukan kelompokku saja yang telat, yang lain juga banyak yang telat dari pada imamnya, apalagi para lamsia.

Baca Al Quran telah usai dan di lanjutkan dengan Albanjari yang di bawakan oleh albanjari desa sendiri. Albanjari yang terdiri dari beberapa orang kelompok albanjari dan anak-anak sekolah dasar ( Madrasah Ibtidaiyah). Penampilan Albanjari yang sangat ciamik untuk yang ingin melihat Vidio Albanjari tunggu selesai di upload.

Setelah penampilan ALbanjari, di lanjutkan dengan Tilawatil Qur'an yang di bawakan oleh Ustad Hamdi dengan anaknya. Berikut Vidio Tilawatil Qur'an Ustad Hamdi beserta anaknya, Wilo. Pembacaan tilawatil quran usai dan di lanjutkan oleh sambutan dari ketua takmir masjid dan Bpk kepala desa.

Cerama agama yang di pimpin oleh Ustat Gofur dari rembang. Penyampaian cerama agama dengan bahasa jawa bercampur dengan bahasa Madura. Sebenarnya warga Wilo ini Logat bahasanya mirip denga bahasa Madura tetapi tidak ada yang mengerti. Yang di mengerti hanyalah saat sang Ustad berbicara dengan bahasa Jawa.Walaupun bahasanya ada beberapa yang tidak di mengerti tapi ilmunya masih bisa di cerna dengan baik.

Catatan : Vidio belum di upload

2 komentar: