Kamis, 02 Agustus 2012

Senyum terindah Untuk Indonesia


Tahukah kamu apa yang terkenal dari orang-orang Indonesia? Orang Indonesia sejak dahulu terkenal dengan keramah tamahan dan senyumnya yang tulus. Seperti halnya dalam foto tersebut. Mungkin orang akan memandangnya hanya sebagai pedagang makanan di Bus. Lihatlah bagai mana beliau berhadapan dengan konsumen. Dalam foto ini terlihat sang pedagang menggambarkan Indonesia punya.

Indonesia terkenal keramah tamahan dan kesopanan. Maka dari itu tidak heran jika seharusnya Blog Indonesia, Situs Indonesia, Konten Indonesia seharusnya memiliki Etika yang baik. Jangankan bersikap ataupun berkata-kata tapi ngeblog dan menggunakan jejaring sosial juga harus beretika. Kalian sudah tahu kan beberapa masalah yang di hadapi oleh teman-teman saat mempublis sebuah berita, walaupun itu kenyataan namun membuat orang lain merasa di cemarkan nama baiknya. Seperti Kasus yang menimpa mbak Prita dan harus berurusan dengan Rumah Sakit dan akhirnya sampai ke Meja hijau. Kasus mempublis foto korban Sukoi Superjet 100 yang terbukti bahwa itu bukanlah foto asli, melainkan foto pada saat kecelakaan yang berbeda. Apa akibat dari pempublisan yang tidak beretika seperti Hoax ataupun Copas?
untuk informasi Hoax ataupun yang mencemarkan nama baik, perseorangan maupun instansi dapat di jerat dengan tindak pidana yang berujung pada meja hijau. Untuk Copas tanpa ijin dan tanpa sumber, jika si pemilik konten tidak terima dengan hal tersebut juga dapat membuat anda out atau blog anda di anggap Spam.

Hal yang membuat banyak orang melanggar dan seakan tutup mata akan hal itu adalah jarang bagi pelanggar etika Internet mendapatkan sanksi. Sanksi dilakukan jika ada yang melapor atau tidak terima akan hal tersebut. Selama tidak ada yang peduli akan hal tersebut maka semuanya aman-aman saja. Hal kecil yang membuat Citra Indonesia bergeser. Seperti yang aku ketahui bahwa negara paling Spam beberapa bulan lalu adalah India tapi baru aku ketahui bahwa Indonesia juga termasuk negara paling Spam. 

Ok deh, saya kok jadi OOT terlalu jauh. Senyum orang Indonesia itu tulus dan keramahan orang Indonesia selalu dari dalam hati.


2 komentar: