Sabtu, 09 Juli 2016

pengenalan kata haram pada anak

Posted by Perumahan asri 10.36, under | No comments

pengenalan kata haram pada anak. budaya sensor mandiri. seorang anak akan cepat meniru apa yang orang katakan baik itu kata yang di katakan orang tua ataupun orang di sekitarnya. kali ini aku akan bercerita bagaimana bapak mengajarkan berkata tidak untuk yang haram. kata haram dalam islam menunjukan sesuatu yang di larang.
seperti biasa aku ke rumah bapak setiap kali akan berangkat sekolah. entah itu di beri uang saku atau tidak. suatu ketika aku kerumah bapak dan bapak berkata bahwa beliau tidak memiliki uang sedangkan bapak sedang memegang uang. bapak menjelaskan bahwa aku tidak boleh meminta uang itu karena uang itu adalah hasil judi. hasil judi menurut agama adalah haram.
budaya sensor mandiri. akupun pergi ke sekolah dengan rasa kecewa dan sedih. hari itu aku berangkat sekolah tanpa membawa uang seikitpun. bukan hari itu saja namun berkali kali bapak melakukannya. sehingga akupun terbiasa bahwa aku tidak boleh memakai uang atau hasil sesuatu yang di larang agama walaupun aku membutuhkannya. setelah dewasa aku mengerti hal itu adalah salah satu cara bapak melindungi anaknya dari hal yang di larang agama. dan aku tahu saat itu mungkin bapak lebih sedih dan kecewa saat tidak dapat memberi uang saku padaku. aku mungkin dulu sedih dan kecewa dengan apa yang di lakukan bapak namun sekarang aku justru setuju apa yang di lakukan bapak. tanggung jawab orang tua begitu besar sehingga orang tua harus melakukan sesuatu yang beliau sendiri tidak ingin melakukannya hanya untuk membuat anaknya mengerti sesuatu yang boleh dan tidak. agar seorang anak bisa membuat keputusan yang benar alam kehiupan sehari hari.

budaya sensor mandiri

0 komentar: