Senin, 29 Oktober 2012

BMW : Bimbingan Masyarakat Wilo untuk Indonesiaku

Posted by Haf Sari 15.41, under , | No comments



BMW merupakan sebuah perkumpulan Pemuda pemudi Wilo yang di bentuk oleh para anggota IPNU ( Ikatan Putra Nahdlatul Ulama ) IPPNU ( Ikatan Putri-Putri Nahdlatul Ulama ) yang berdomisili di Dusun Wilo. Dalam pembentukan BMW ini bertujuan untuk membangkitkan kemajuan masyarakat Dusun Wilo khususnya dalam bidang akhlak dan keagamaan. Pertama yang di lakukan oleh para pemuda ini adalah membuat sebuah pendidikan pengenalan Al Qur'an untuk para pemuda-pemudi. Guru yang di datangkan adalah guru profesional dalam bidangnya. Pendidikan pengenalan Al Qur'an untuk pemuda-pemudi ini bertujuan agar pemuda-pemudi wilo dapat membaca Al Qur'an dengan baik dan bisa mengajarkannya pada yang lain. Peminat untuk menjadi guru ngaji ternyata lumayan banyak baik dari remaja Dusun : Wilo maupun dari dusun : Katut dan lainnya di lingkungan kecamatan : Prigen. Pengajaran menjadi guru ngaji Tartil dan pengenalan Al Qur'an ini di lakukan setiap hari minggu, mulai jam 6.30 sampai jam 10 siang tanpa istirahat, bertempat di sekolahan Tsanawiya Darul Huda Wilo. Pembelajaran Tartil yang di adakan  ini sebenarnya di harapkan akan semakin banyak guru Tartil di Wilo dan dapat membuat Dusun : Wilo lebih baik.

Setelah sukses menncetak guru-guru Tartil dan pengenalan Al Qur'an, Gerakan Pemuda BMW mendirikan sebuah TPQ (Taman pendidikan Qur'an) yang awalnya hanya di berikan pengajaran kepada anak-anak usia TK hingga SD di sebuah mushallah. Tahun pertama di adakan lomba Adzan, baca Al Qur'an, hafalan surat pendek, hal ini ternyata sesuai dengan tujuan utama yaitu antusias warga mendaftarkan anak mereka belajar mengenal Al Qur'an. Dengan di adakannya lomba seperti ini, kebanggaan orang tua pemenang membangkitkan antusias warga untuk mendaftarkan anaknya belajar di TPQ. Setelah sekitar dua tahun, akhirnya bisa di bangunlah tempat khusus TPQ yang terdiri dari dua ruangan dengan jadwal mengaji sesuai dengan tingkatan pengajaran. Untuk anak TK jam 15.00 hingga jam 16.000 kemudian di lanjutkan dengan anak SD sesuai dengan kelasnya bergantian.

BMW memengajarkan anak-anak dan remaja mengenal Al Qur'an juga mengajar para ibu-ibu. Dibuka pengenalan baca Al Qur'an bagi ibu-ibu yang berminat tanpa paksaan. Pengenalan membaca Al Qur'an dengan benar untuk Ibu-ibu di lakukan karena usul beberapa ibu-ibu saat di adakan pengajaran baca tulis untuk ibu-ibu yang bertempat di SDN Ketanireng. Kemauan dan antusian para ibu-ibu ini di sambut baik oleh persatuan pemuda BMW, dan langsung mewujudkannya.

Dari program aksi para pemuda BMW berjalan dengan baik tidak luput dari peran aktif masyarakat. Seperti pembangunan TPQ untuk anak usia TK dan SD murni dari sumbangan warga, mulai dari pembebasan tanah hingga pembangunan gedung. Sebenarnya bukan hanya itu, di dusun Wilo juga memiliki anggota IPNU yang berperan aktif melestarikan perkumpulan seperti
  • membangkitkan kembali perkumpulan pecinta Terbang sadrak yang sudah mulai pudar karena usia anggota perkumpulan, 
  • membangkitkan kembali Albanjari yang di miliki Dusun Wilo dengan mengajarkan kepada anak-anak sehingga tidak puna. 
  • Masyarakat Wilo juga memiliki Group Marching Band, yang awalnya peralatan tersebut di beli dari sumbangan warga untuk membangun kreatifitas para remaja dusun : Wilo.
  • Terbang Gandul, merupakan warisan budaya. Biasa di mainkan untuk mengiringi penganten datang. Walaupun sekarang kebanyakan kemanten lebih memilih untuk di iringi Marching band, namun di dusun Wilo masih melestarikannya. Siapapun dan kapanpun group terbang gandul siap menghadiri undangan iringan pengantin ataupun hajatan lainnya.

Dari sekian banyak kegiatan, masih kurang satu lagi yaitu melek Digital. Mayoritas masyarakat Wilo yang berprofesi sebagai petani seakan sulit untuk mengenal dunia Internet. Di tambah lagi untuk sebuah gerakan besar pengenalan Digital untuk masyarakat membutuhkan dana yang cukup besar. Namun ini merupakan PR yang harus di fikirkan untuk kemajuan Dusun : Wilo Khususnya, Indonesiaku yang lebih baik pada Umumnya. Aksi untuk Indonesiaku, Perubahan di mulai dari diri sendiri dan sekitar kita demi Indonesiaku lebih baik. 

Ini tulisanku untuk Indonesiaku dan Mana Tulis aksimu untuk indonesia bersama Lintas.me

0 komentar: