Sabtu, 02 Juli 2016

bersabar menghadapi tetangga

Posted by Haf Sari 21.09, under | No comments

puasa ramadhan merupakan puasa wajib bagi setiap umat islam. puasa bukan hanya menahan lapar tapi juga menahan nafsu. sangat sulit mengendalikan diri saat ada yang memancing kemarahan.
hari ini bapak merobohkan pohon mangga yang sudah mati dan lapuk. beliau takut pohon tersebut menimpah pejalan kaki maka dari itu pohon mangganya di robohkan sebelum roboh dengan sendirinya.
pohon mangga itu merupakan batas tanah milik nenek dan tetanggaku. ibu melihat bekas pohon mangga yang di robohkan bapak. saat itu tetanggaku sedang melintas membawa rumput untuk hewan ternaknya.
entah apa yang terjadi. tetanggaku langsung menaruh rumput dan menghampiri ibu. sambil menghampiri tetanggaku itu marah dan memaki menuduh ibu merubah batas tanah terlalu banyak. menuduh ibu menanam tanaman luntas di malam hari untuk merubah batas tanah. untuk menahan amarah dan menghindari keributan ibupun diam.
entah apa yang tetanggaku pikirkan. kenapa baru sekarang marah padahal menanam tanaman luntas sudah bertahun tahun yang lalu. kepoh banget tetangga satuku itu. kalau memang orang tuaku merubah batas tanah dan beliau tidak terima mendingan lapor saja ke rt. kasun. lurah atau pihak yang berwenang. tidak usa mengajak ribut karena kita juga tidak mengetahui secara pasti batas tanahnya karena tanah itu warisan. tapi pasti di kantor desa ada denah desa juga batas batas tanah setiap orang di desa. tinggal ukur aja lagi. saat ibu menoba meredam kemarahan tetanggaku dengan berkata jangan marah nanti malah membuat suasana memburuk.

apa yang tetanggaku katakan ? kenapa jika suasana memburuk kamu mau kirim santet. astaghfirullah. beliau malah menuduh ibuku akan mengirim santet. akupun mengingatkan iibu agar selalu menghindari tetanggaku tersebut. jika beliau memang merubah batas tanah biarkan saja. berapa meterpun yang ia akui sebagai tanahnya biarkan saja. tanah ini warisan dan tidak akan di bawah mati.

menahan amarah saat berpuasa dan bersabar saat ada tetangga yang selalu bawaannya ngajak ribut.seperti dalam islam kita harus selalu baik kepada tetangga dan nabi muhammad saw juga menyuruh kita bersabar. bersabar dan bersabar saat ada sahabat yang bertanya jika ada tetangga yang selalu berbuat dzolim terhadap kita.  semoga allah memberi petunjuk bagi kita semuanya dan melindungi kita dari kejahatan mahluk mahluknya. semoga allah membuka jalan fikiran dan hati tetanggaku tersebut agar tidak lagi selalu mengajak ribut dengan tetangga lain. aamiin

0 komentar: