Minggu, 23 Januari 2011

Amankan pulau kita

Posted by Haf Sari 11.39, under | No comments

Zumrotul Muslimin

23/01/2011 10:50
Liputan6.com, Jakarta: TNI Angkatan Laut akan meningkatkan pengamanan pulau-pulau terluar dan wilayah perbatasan. "Pengamanan pulau terluar dan wilayah perbatasan akan menjadi salah satu bahasan utama Rapat Pimpinan TNI AL 2011," kata juru bicara TNI AL Laksamana Pertama Tri Prasodjo di Jakarta, Ahad (23/1).

Tri mengemukakan, selama ini pengamanan pulau-pulau terluar yang berjumlah 92 terus ditingkatkan terutama di 12 pulau terluar yang berbatasan langsung dengan beberapa negara. Sejumlah pulau terluar antara lain Pulau Rondo (Aceh) berbatasan dengan India, Pulau Berhala (Sumatra Utara) berbatasan dengan Malaysia.

Pengamanan terhadap pulau terluar antara lain dilakukan dengan gelar operasi pengamanan mengerahkan kapal perang dan pesawat udara patroli maritim, melaksanakan survey hidrografi untuk menetapkan batas wilayah negara di laut.

"Tak hanya itu, kami juga melakukan operasi bakti Surya Bhaskara Jaya sebagai wujud kepedulian dan peran TNI AL dalam mendinamisasikan pembangunan daerah terpencil, serta menempatkan Pasukan Marinir di pulau-pulau terluar yang tidak berpenghuni," kata Tri.

Selain pengamanan pulau terluar, Rapim TNI AL juga akan membangun kekuatan AL menuju kekuatan pokok minimum dengan konsep Tri Matra Terpadu serta pemenuhannya yang mengutamakan industri pertahanan dalam negeri. "Jadi, pengembangan kekuatan alutsista tentunya juga terkait dengan pengamanan perairan perbatasan Indonesia," katanya.(ANT/JUM)

0 komentar: