Minggu, 23 Januari 2011

Durian bakar maknyus

Posted by Haf Sari 11.24, under | No comments

Wendy Surya


22/01/2011 06:45 | Kuliner
Liputan6.com, Bandung: Bau durian memang sangat menggoda. Orang yang menciumnya pasti tergiur ingin melahapnya. Apalagi orang suka dengan durian. Bagi para penikmat durian, kurang afdol rasanya jika belum mencoba menu durian bakar yang ada di Jalan Terusan Kopo, Katapang, Bandung, Jawa Barat.

Sebelum dibakar durian dibungkus dengan kertas alumunium foil. Supaya lebih lezat durian bakar juga dipadukan dengan ketan hitam dan kelapa bakar. Durian dibakar sekitar 15 menit. Durian panas siap disajikan dengan ketan hitam, kelapa, gula aren, dan susu kental. Ketan hitam yang dimasak sebelumnya atau biasa disebut orang jawa dengan jenang ketan hitam dan oleh orang jawa biasa digunakan sebagai campuran jenang sapar. Gula aren yang telah dicairkan untuk penambah rasa manis selain susu kental.

Untuk menyajikan pertama masukan jenang ketan hitam kedalam mangkuk dan masukan pula durian bakar yang telah dikupas. Bukan disajikan dengan kulitnya melainkan buahnya saja. Diatas ketan dan durian tersebut ditaru serutan kelapa bakar dan diatasnya dituangkan susu kental juga gula aren tersebut

Menu durian bakar sangat nikmat disantap saat masih hangat. Satu porsi dijual seharga Rp 12 ribu. Perpaduan cita rasa durian bakar yang dicampur dengan ketan hitam ini menjadikan menu sensasi rasa yang unik. Meski terbilang menu baru, durian bakar langsung mendapat tempat di hati pencinta kuliner.(JUM)

0 komentar: