Selasa, 18 Januari 2011

Tips berkendara

Posted by Haf Sari 09.23, under | 11 comments




Dalam rangka mendukung program "Bloger for safety riding" untuk mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas. Jangan lalaikan hal yang paling sepele sekalipun. Sudah banyak nyawa yang terancam karena menganggap gak perlu hal yang sepele. Banyak nyawa yang terselamatkan dari memperhatikan hal tersebut. Nyawaku hampir melayang karena kelalaian memakai mantel yang bukan setelan. Bagian belakang mantel terbelit diruji belakang motor dan mencekikku. Untung saat itu dalam kecepatan yang normal dan langsung berhenti saat saya melepas kendali dan dibantu orang sekitar. Dengan program "Bloger for safety riding" ini lindungilah nyawa anda dengan persiapan yang matang. Bagi anda yang suka berkendara dan berpergian ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan agar anda tidak mengalami Kecelakaan lalu-lintas antara lain :

  • Saat anda hendak berkendara yang pertama adalah mengecek kondisi kendaraan anda. Pengecekan bisa dimulai dengan hal yang sederhana misalkan :
  1. Lampu kendaraan dan riting
  2. Rem depan belakang
  3. Kondisi ban
  4. Sisa bensin
  5. pengukur kecepatan berfungsi dengn baik
  6. fungsi kopling dan mesin juga dalam keadaan baik
  7. Pastikan spion juga terpasang dengan baik.
  8. rantai motor juga dalam kondisi baik
  9. Jangan lupa kondisi kemudi juga normal
  10. Busi juga dan sebagainnya
  • Bagi yang menggunakan motor
  1. pakailah helm teropong agar anda tidak terkena debu diperjalanan. Debu dapat mengganggu penglihatan. Pastikan helm yang anda gunakan tidak kebesaran atau kekecilan karena akan mengganggu saat berkendara.
  2. Pakailah jaket agar anda tidak masuk angin karena dalam berkendara terutama sepeda motor angin bertiup kencang.
  3. Bawalah selalu mantel, Agar perjalanan anda tidak terganggu saat hujan turun. Untuk lebih aman anda sebaiknya menggunakan mantel yang berupa setelan jas dan celana. Karena mantel bukan setelan saat dipakai berkendara dan tertiup angin akan sangat mengganggu. Apalagi saat mantel bagian belakang jatuh dan terbelit pada ruji, kita akan tercekik mantel itu dan sangat berbahaya. Berhati-hatilah sebelum terjadi karena saya pernah mengalaminya. Jika memang anda hanya memiliki mantel bukan setelan pastikan bagian belakang anda duduki usahakan tidak menjulur kebawah bagian belakang karena berbahaya.
  • Bagi anda yang menggunakan Mobil jangan lupa untuk menggunakan sabuk pengaman. Selalu membawa payung agar jika hujan anda tetap nyaman saat turun dari mobil.
  • Kurangi kecepatan saat turun hujan karena kondisi jalan yang licin
  • Nyalakan lampu kendaraan saat pandangan kurang dari 100meter atau saat pandangan kurang jelas.
  • Nyalakan riting saat anda hendak berbelok atau berhenti.
  • Bawa selalu kartu indentitas (KTP), SIM, STNK dan uang(untuk jaga-jaga terjadinya hal yang tidak diinginkan).
  • Jangan memakai perhiasan yang berlebihan itu akan mengundang terjadinya kejahatan.
  • Jangan membawa barang yang berlebihan, hanya akan mengganggu anda saat berkendara.
  • Patuhi rambu lalu lintas.
  • Jangan menelpon, berbicara dengan penumpang, merokok, sms ataupun melakukan sesuatu yang akan mengganggu konsentrasi anda mengemudi.
  • Kurangi kecepatan saat anda tidak menguasai medan, sangat berbahaya melaju kencang saat tikungan.
Program "Bloger for Safety Riding" sangatlah membantu mengingatkan kita akan keselamatan berkendara. Dengan memperhatikan setiap hal di atas akan mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas. Selain itu sebagian orang lupa melipat penyangga motor padahal itu sangat berbahaya. Saya selalu teriakan Jagang pak atau jagang mbak, untuk mengingatkan saat melihat seorang pengendara motor lupa melipat jagangnya. Penyangga motor akan membuat kita terplanting saat penyangga itu menyentuh tanah apa lagi saat ditikungan.

11 komentar: