Sabtu, 26 Maret 2011

Tidur itu nikmat

Posted by Haf Sari 15.10, under | No comments

Bagi semua orang tidur adalah aktifitas yang selalu ada setiap harinya. Setelah beraktifitas seharian penuh kita sangat membutuhkan tidur atau istirahat. Sepertiga dari hidup kita dihabiskan untuk tidur atau istirahat. Dalam sehari kita tidur kurang lebih 8 jam. Maka dari itu dalam islam tidur memiliki artian yang sangat penting. Dalam islam telah diatur mengenai tidur itu sendiri karena tidur merupakan salah satu nikmat yang diberikan ALLAH kepada setiap umatnnya.



ALLAH berfirman dalam surat Ar-Ruum ayat 23
Dan diantara tanda-tanda kekuasaannya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunianya. Sesungguhnnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarnya”


Diatas dijelaskan bahwa malam hari merupakan waktu kita untuk tidur. Siang hari merupakan waktu yang ditentukan untuk bekerja dan beribadah dan tidak lain hanya untuk mencari sebagian karunia dari Allah. Dalam islam ada beberapa aturan untuk diperhatikan saat tidur dan itu tidak lain untuk kebaikan kita sebagai umat.


Bukan hanya itu dalam surat An-Naba ayat 9 allah juga berfirman:

Dan kami jadikan tidurmu sebagai (sarana) istirahat”.

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa setiap umat tidak diananjurkan untuk bekerja atau beribada terus menerus tanpa istirahat. Karena sesungguhnnya ayat tersebut menjelaskan bahwa istirahat juga merupakan ibadah. Namun tidak dianjurkan juga seseorang tidur terus tanpa beribadah dan bekerja sesuai dalam surat Ar-ruum ayat 23. Dalam islam diajarkan suatu keseimbangan antara bekerja, sholat dan istirahat. Maka dari itu Islam itu indah jika dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Jangan lupa juga tidur memiliki tata cara atau etika. Islam mengatur secara detail mengenai tata cara tidur mulai saat ingin memulai tidur sampai bangun dari tidur. 8 jam dari 24 jam kita habiskan untuk tidur maka jangan sia-siakan karena 16 jam saat kita terjagapun tidak tentu kita telah melakukan ibadah dengan benar. Mari kita kaji dan pelajari tata cara tidur menurut ajaran islam bersama dalam postingan yang lainnya..wassalam..

0 komentar: