Selasa, 19 April 2011

Soal UNAS bocor lagi

Posted by Haf Sari 12.19, under | No comments

Apasih UNAS itu bagi anda??
andri  : Unas adalah sebuah momok yang sangat menakutkan, yang membuat aku tidak bisa tidur semalaman. Aku takut gak lulus nantinya, uda belajar masih saja lupa lagi-lupa lagi.
nina  : Buat aku UNAS adalah sebuah ujian yang harus dihadapi dan harus belajar mati-matian karena UNAS yang menentukan nasib kita selanjutnya.
Randi : Unas itu biasa saja seperti ujian yang lain. Bedanya cuma lebih ketat.
Akbar  : Unas apaya??? paling juga ujian yang menentukan lulus tidaknya..belajar yang giat ditambah berdo'a klo soal hasil apa kata nanti aja yang penting uda usaha..

Seberapa besar harapan untuk lulus?
Untuk pertanyaan ini semua siswa-siswi berharap lulus walau yang sekolahnya asal masuk saja.

Nilai berapa yang diinginkan??
Andri  : yang tertinggi biar bisa masuk negri lagi
nina : klo bisa tinggi dong biar ortu bangga.
akbar  : gak ada patokan yang penting lulus.
Randi  : gak terlalu muluk tp juga jangan terlalu rendah.

Fenomena yang tak dapat dipercaya namun juga tidak dapat dipungkiri. Usaha pemerintah untuk menjaga kerahasiaan soal ujian memang sudah maksimal. Sampai dilarangnya seorang siswa membaha hp kedalam kelas dan memasang kamera sisi tv dalam kelas. namun tidak dapat dipungkiri masih saja ada siswa yang membawa hp kedalam kelas. Walaupun soal ujian baru sampai di sekolah satu jam sebelum UNAS dilaksanakan tapi masih saja ada kebocoran kunci jawaban. Seperti yang sudah terjadi kunci jawaban dikirim melalui sms.

Apakah hanya  sekarang saja kunci jawaban bisa didapatkan??

Jawabannya tidak..
Suatu hari saya tidak sengaja berkata pada teman kerja "wah bentarlagi ujian nasional pasti menegangkan. ingat dulu aku sampai mati-matian belajar dan sempat sakit juga" ternyata teman saya berkata " Kalau aku dulu belajar biasa saja toh tiap mau ujian selalu diberikan kunci jawaban oleh salah satu guru" Aku berkata "lo..kok bisa kan di awasi dan pengawas juga bukan guru kita sendiri??" ia menjawab " iya sih..tp kunci jawaban diberikan sebelum pengawas datang makanya setiap tahun disekolahku selalu lulus semua" akupun membalas ""wah curang klo gitu aku saja dulu sangat ketat sampai cuma menoleh karena capek aja di tegor pengawas""

Ini membuktikan bahwa kecurangan memang sudah terjadi sejak dahulu dan kini saatnya untuk merubahnya demi kebaikan kedepannya. Jangan sampai yang berprestasi putus sekolah dan yang tidak sungguh-sungguh malah mendapat kebanggaan. Jadilah yang dibanggakan karena kamu pantas mendapatkannya. Jadilah yang terbaik karena kamu memang yang terbaik..

0 komentar: