Jumat, 20 Mei 2011

Indahnya peninggalan Belanda

Posted by Perumahan asri 16.54, under | 4 comments







Begitu indah dan kokoh bangunan yang di bangun pada masa itu. Masa penjajahan belanda yang kelam bagi warga indonesia. Penyiksaan lahir batin bagi semua warga saat itu sangat mendalam membekas. Dilain sisi bangunan peninggalan jaman belanda juga sangat bermanfaat bagi warga masa kini. Lihat saja salah satu bangunan yang menghubungkan dusun pager dengan dusun buluresik desa sumber gedang pandaan ini. Hingga kini masih berdiri tegak tanpa kerusakan walaupun sudah bertahun-tahun.
Bangunan ini merupakan sebuah saluran air yang membentang diatas sungai. Bangunan ini merupakan jalur satu-satunya yang menghubungkan dua dusun tersebut sehingga warga menggunakannya sebagai jalur transportasi selain sebagai saluran air. Dulu sepeda motorpun melintas dibangunan tersebut walaupun pengendara harus berjalan sangat pelan dan berbahaya. Dengan ketinggian sekitar 10 meter bangunan ini masih kerap digunakan untuk melintas. Sekarang sudah ada jembatan namun warga lebih suka melintas melewati bangunan ini. Jalur yang lurus dan datar membuat warga nyaman melintasinya. Untuk kendaraan memang sekarang sudah melewati jembatan yang dibangun pemerintah dengan pertimbangan keselamatan. Untuk mobil memang tidak bisa melintas sejak dulu karena kondisi bangunan yang memang dibangun untuk saluran air ini sangat sempit tepinya. Jangankan mobil motor saja harus berjalan merayap.












Pemandangan dan udara yang sejuk menjadikan tempat ini merupakan tempat yang nyaman untuk berakhir pekan ataupun berlibur.

4 komentar:

kayaknya aku pernah liat gambar yg pertama ini di tempat lain, tp di mana ya? :D

emang pyn pernah kepandaan?
ni tepatnya di sebuah desa di jawa timur..tidak semua orang tau tapi tempat ini terkenal dengan sebutan TALANG ABANG

wihh tempatnya cocok tu buat fotografi mantapp :D

terima kasih..
tp kunjungan baliknya gagal..cuma profil anda saja yang muncul..