Minggu, 29 Mei 2011

Mengisi liburan mengenal dunia kerja

Posted by Perumahan asri 10.47, under | No comments




Nama : Khusnul Choyima
Alamat : Pandaan
Tanggal lahir : 18 November 1999
Sekolah di   : SDN SUMBERGEDANG 2 Pandaan

Sebentar lagi merupakan liburan panjang sekolah bagi semua anak sekolahan. Saya tahu cara asik untuk mengisi liburan sekolah. Sudah bosan rasanya setiap tahun harus rekreasi terus, paling yang dilihat itu-itu saja. Tidak ada pengalaman menarik yang lebih menantang dan beda buat aku. Saat liburan panjang sekolah dan akhir tahun merupakan hari-hari yang membosankan. Semakin dewasa saya merasa semakin bosan melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat. Mungkin liburan bisa dinikmati jika tidak terlalu sering. Saya kadang merasa bete saat berada di tempat wisata.

Liburan sudah pernah juga dilalui dengan berpergian mengunjungi rumah teman-teman ortu, berdandan dan bersikap sok imut dan sopan merupakan hal yang palsu. Setiap harinya harus bersiap untuk menjadi boneka yang selalu dikendalikan tak ada keceriaan sama sekali. Menemani orang tua berbincang sesuatu yang tidak aku mengerti. Menemani sambil tersenyum saat disinggung merupakan hal yang membosankan.

Liburan juga sudah pernahaku jalani dengan bermain game dan menonton televisi. Aku merupakan seseorang yang suka main game online seperti anak-anak lainnya namun jika dilakukan berlebihan juga membosankan. Bermain game itu kesukaanku tapi jika keseringan juga merupakan hal yang membosankan. Menonton televisi juga merupakan hobi tetapi seharian nonton televisi itu gak banget. Semua hal sudah aku lakukan saat liburan panjang datang baik liburan sekolah kenaikan kelas ataupun akhir tahun.

Belajarpun sudah menjadi rutinitas setiap hari saat sekolah, gak seruh kalau liburan juga belajar terus. Sebenarnya belajar itu baik tapi belajar terus juga jadi pusing. 

Terus apa dong yang bisa dilakukan saat liburan dan bermanfaat?

Mengenal dunia kerja itu yang menantang. bagi anak seusia saya merupakan usia yang sangat rentan akan konsumsi yang terlalu besar. Mulai dari belanja, main game, sekolah, bermain sampai jajan. Liburan tahun ini saya akan bekerja.

Haaa.....bekerja?
Iya, bekerja merupakan hal yang  tidak diperkenankan oleh perundang-undangan bagi anak seusia saya namun hal ini saya lakukan untuk mengisi liburan sekolah. Anda tahu apa manfaat pendidikan mengenal dunia kerja bagi anak-anak? Sangat besar sekali bagi masa depan saya. setelah saya bekerja cuma beberapa hari saya merasa sangat menghargai orang tua. Sulit dan capek sekali rasanya, uang yang didapatkan juga sangat kecil bagi saya. Tahun ini saya mengisi liburan dengan bekerja disebuah perusahaan rumahan. Yaitu perusahaan rokok ditempat kakak saya bekerja. Saya jadi mengerti betapa sulitnya mencari uang dan betapa mudahnya menghabiskannya..heehheheh. Kalian tahu berapa yang saya dapatkan seharian penuh mulai jam 06.30 sampai jam 16.00. Buat saya itu cuma bisa dipakai untuk bermain game 2 jam dan beli minum doang. 

Saya sangat salut dengan perjuangan para ibu-ibu itu. Dengan kondisi yang sangat panas dan keringat bercucuran tetap bekerja semangat. Memang panas sekali, bekerja diruangan tanpa AC dan atapnya berlapiskan seng membuat udara semakin panas disiang hari.Mereka setiap hari makan siang dengan bekal yang mereka bawa dari rumah. Dengan lauk seadanya yaitu ikan asin, tempe juga makan nya dilantai tanpa piring cuma beralaskan kertas minyak saja mereka makan begitu lahap. Setelah makan mereka langsung melanjutkan kerja tanpa beristirahat dulu mungkin karena diperusahaan ini sistemnya borongan atau dibayar berdasarkan hasilnya bukan perharinya.

Kebaikan dari liburan tahun ini adalah saya jadi tidak memaksa orang tua untuk memberikan yang aku inginkan. Aku tahu biaya hidup itu besar. Aku tidak mau lagi membuang-buang uang dengan membeli sesuatu yang tidak penting. Sungguh sulit menjadi orang tua. Bukan hanya harus mencukupi biaya makan, listrik, sekolah dan lainnya tapi juga harus menahan sedih saat tidak bisa mengabulkan keinginan anaknya. 



I LOVE FOREVER IBU DAN AYAH

0 komentar: