Rabu, 18 Mei 2011

Tips berkendara di jalan curam dan berliku

Posted by Haf Sari 19.09, under | 2 comments


Bagi anda yang suka berpergian jagalah keselamatan anda dengan mengantisipasi kejadian yang mungkin akan terjadi. Terutama daerah yang anda kunjungi merupakan daerah yang memiliki jalan berliku. Sudah ada satu nyawa tetangga saya melayang karena kelalaiannya berkendara melewati jalan curam dan berliku yang sudah setiap ari dilewatinya. Jangan beralasan sudah terbiasa karena itu hanya akan merugikan anda. Tetangga saya meninggal seketika ditempat kejadian karena membawa barang bawaan yang berlebihan sehingga tidak bisa berbelok saat berada ditikungan dan masuk kedalam sungai dibawah jembatan. Jangan biarkan anda menjadi korban berikutnya. Ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan untuk menjaga keselamatan anda antara lain: 
  1. Gunakan helem selalu, terutama helm bersetardart SNI dan usahakan kunci helm hingga berbunyi "KLIK".
  2. Sebelum berangkat periksa kemudi, rem dan juga lainnya.
  3. Kurangi kecepatan saat turunan.
  4. Usahakan Gear position dalam kondisi 2, tahu kenapa? Jika anda menggunakan gear 3 saat turunan maka kecepatan akan tidak terkendali. Jika anda menggunakan gear 1 maka saat mesin mati maka motor anda akan berhenti seketika, hal itu sangat berbahaya mengakibatkan anda terpelanting.
  5. Jangan menggunakan rem depan terlalu kencang tanpa diimbangi dengan rem belakang serta mengerangi tekanan pada gasnya.
  6. Jangan meletakan barang berlebihan pada sekitar kemudi sehingga mengganggu anda saat ingin berbelok.
  7. Saat anda melewati jalan menanjak gunakan gear pada posisi 1 saja dan gas perlahan hingga sepeda berjalan keatas.
  8. Jangan mencoba untuk mengurangi gear position pada saat berada pada pertengahan tanjakan itu sangat berbahaya terutama bagi yang tidak ahli.
  9. Perhatikan dan dengarkan apakah dari atas ada mobil yang melintas sehingga anda tidak memiliki kesulitan berkendara disituasi jalan curam, berliku ditambah jalan sempit.
Semoga bermanfaat dan selalu sukses dalam perjalanan anda..yang tak boleh terlupa adalah "Berdo'a menurut kepercayaan anda "
Terima kasih

2 komentar: