Rabu, 21 Agustus 2013

Andai aku bisa jabat dan tahu lebih dalam tentang ASEAN

Posted by Haf Sari 09.44, under , | No comments


ASEAN singktan dari Association of South East Asian Nations dan di dirikan Di bangkok 8 Agustus 1967. Tujuan, jumlah anggota dan latar belakang di bentuknya ASEAN merupakan mata pelajaran PPKN kelas 6 sejak aku kecil hingga sekarang.  Kita tidak pernah tahu bagaimana kita bisa terlibat di dalam Visi dan Misi ASEAN. Kita juga tidak pernah tahu peranan ASEAN untuk negara ataupun Masyarakat secara nyata. Tapi dari tahun ke tahun pelajaran ASEAN yang di ajarkan hanya berjalan di tempat tanpa ada pembaharuan pengetahuan. Pemberharuan pengetahuan maksudnya seperti apa yang di lakukan ataupun kebijakan apa yang di lakukan ASEAN untuk mewujudkan Visi dan Misi dengan permasalahan yang di hadapi negara setiap tahunnya.

Saya sendiri juga baru tahu bahwa tahun 2011 Indonesia menjadi ketua ASEAN dan Dalam periode Keketuaan ASEAN 2011, Indonesia telah menetapkan tiga prioritas sebagai berikut:

  1. Memastikan kemajuan yang signifikan dalam pencapaian Komunitas ASEAN 2015;
  2. Memastikan terpeliharanya tatanan dan situasi di kawasan yang kondusif bagi upaya pembangunan;
  3. Menggulirkan pembahasan mengenai perlunya visi “ASEAN pasca-2015”, yaitu peran masyarakat ASEAN dalam masyarakat dunia (ASEAN Community in a Global Community of Nations).

Dalam kaitan ini, Indonesia tetap merefleksikan peran kepemimpinannya bagi pemajuan proses pencapaian berbagai prakarsa sesuai dengan time-frame yang disepakati untuk pembentukan Komunitas ASEAN pada 31 Desember 2015.
Apa kalian bingung??
Saya juga bingung.. Ouupss
Tidak usah bingung dengan akan di bentuknya komunitas ASEAN pada 31 Desember 2015. Saya juga tahu bahwa ASEAN telah terbentuk sejak tahun 1967. Untuk itu saya akan coba jelaskan dengan sederhana agar kita sama-sama tidak bingung dari perbedannya dahulu. Perbedaan ASEAN dengan Komunitas ASEAN 2015, kita ketahui ASEAN adalah bentuk kerjasama antar negara asia tenggara yang terdiri dari 10 negara sekarang ini antara lain : Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darusalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja

Dari bentuk kerja sama ASEAN selama ini kita sebagai warga negara tidak pernah tahu seperti apa pelaksanaan kerjasama tersebut. Sebagai warga negara Indonesia kita juga tidak pernah tahu kebijakan yang di ambil dan lainnya. Namun dengan di bentuknya Komunitas ASEAN 2015 kita sebagai warga negara yang termasuk dalam anggota ASEAN akan ikut berperan dalam tercapainya 3 pilar utama ASEAN yaitu Politik - keamanan, Ekonomi dan sosial Budaya.  

Sepertinya saya tidak perlu menjelaskan apa yang telah di lakukan untuk 3 pilar tersebut secara terperinci karena semuanya sudah ada dalam agenda komunitas ASEAN 2015. Saya hanya akan menyebutkan bukti nyata yang pemerintah telah lakukan dan kita bersama rasakan dalam melaksanakan tiga pilar tersebut yaitu Ekonomi. Bagaimana pemerintah mulai menggerakkan warganya untuk terus maju menjadi wirausaha yang di titik beratkan pada pengembangan usaha kerakyatan atau Usaha kecil menengah ( UKM ). Indonesia berharap warganya menjadi Wirausaha ataupun tenaga kerja yang kompeten untuk mengurangi pengangguran dan mampu bersaing. Seperti halnya di daerahku yaitu Pasuruan, telah di berlakukan pelatihan kerja gratis bagi warga Pasuruan khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Pelatihan kerja Gratis ini memiliki beberapa sub kejuruan yang banyak di butuhkan perusahaan ataupun berpotensi membuat usaha mandiri. Bidang kejuruan yang di berikan antara lain : Menjahit sepatu yang di arahkan menempati lowongan pekerjaan perusahaan sepatu, Jahit pakaian yang di arahkan menjadi wirausaha mandiri, mebel dan Finishing menjadi wirausaha mandiri, mesin bubut, las listrik menjadi wirausaha mandiri, sepeda motor menjadi wirausaha mandiri, Ac dan pendingin menjadi tenaga kompeten, komputer menjadi wirausaha mandiri maupun tenaga kerja kompeten, administrasi kantor menjadi tenaga kerja kompeten, Jurusan Bahasa Inggris di harapkan menjadi tenaga kompeten untuk memajukan Pariwisata Pasuruan khususnya dan Indonesia pada umumnya Dari subkejuruan yang di sediakan merupakan bukti nyata pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran yang di danai dari APBD dan APBN. Setiap kejuruan materi yang di berikan telah sesuai dengan standarisasi pemerintah dan perusahaan.

Hasil karyaku ikut pelatihan kerja jurusan menjahit sepatu
Walaupun menjahit sepatu di tujukan untuk mengisi peluang lowongan kerja di perusahaan sepatu yang berkerja sama dengan salah satu perusahaan sepatu terbesar di Pasuruan. Tetapi dalam pelatihan ini juga di latih untuk bisa membuat produk usaha mandiri dengan memberikan tugas akhir membuat dompet dengan kreasi dan desain sendiri. Di atas adalah gambar satu dari dua tugas yang aku buat saat pelatihan di UPT pelatihan kerja Pasuruan. Satunya lagi harus di kumpulkan, sengaja aku buat dompet yang aku kumpulkan dan tas kecil yang aku bawa pulang. Kecil tapi bermanfaat, terbuat dari bahan imitasi CC yang tidak tembus air. Pelatihan kerja ini benar-benar gratis dan mendapatkan perlengkapan dan pengganti uang transport. Selain pelatihan kerja juga di latih kedisiplinan dan kepribadian dengan pelatihan baris-berbaris pada awal pelatihan. Persyaratan mengikuti pelatihan kerja ini juga sangat mudah yaitu foto copy ijazah terakhir ( bisa SD, SMP, SMA sederajat ), foto copy kk atau KTP dan foto. Tidak ada uang registrasi ataupun administrasi, karena pelatihan ini seutuhnya ditanggung oleh pemerintah daerah dan pusat.

Namun dari kesemua informasi baik rencana akan adanya komunitas ASEAN 2015 ataupun pelatihan kerja Gratis tidak semua masyarakat mengetahuinya. Hanya sekitar 10% bahkan kurang dari 10%, warga yang mengetahui informasi mengenai pelatihan kerja gratis padahal sekarang sudah berlangsung angkatan gelombang ke 4 untuk tahun ini. Minimnya masyarakat yang mengetahui informasi langkah pemerintah tersebut mengakibatkan kurangnya peminat dari setiap program pemerintah. Hal ini merupakan salah satu penyebab anggaran pemerintah ataupun rencana pemerintah kurang berhasil memenuhi sasaran. Salah satu buktinya adalah saat saya share informasi pendaftaran pelatihan kerja di sebuah group pandaan Facebook masih ada yang bertanya mengenai syarat maupun waktu pendaftaran bahkan lokasi UPT pelatihan kerja. Padahan lokasi UPT pelatihan kerja Pasuruan berada di Pandaan dan yang bertanyapun orang Pandaan. Jika warga di sekitar kantor UPT pelatihan kerja saja tidak tahu, apalagi yang jauh dari Pandaan walaupun masih dalam kawasan Pasuruan.


Untuk mengatasi hal tersebut di bentuklah Komunitas Blogger ASEAN sebagai tangan panjang ASEAN untuk menginformasikan mengenai rencana ASEAN membentuk Komunitas ASEAN 2015 untuk mewujudkan 3 pilar utama yaitu ASEAN Political-Security Community, ASEAN Economic Community dan ASEAN Socio-Culture Community baik dalam skala regional maupun global. Dalam mencapai tujuan utama komunitas ASEAN 2015, Komunitas Blogger ASEAN berperan penting untuk mensosialisasikan kepada Masyarakat  luas dan aktif lewat interaksi di media sosial ikut membangun identitas ASEAN yang cerdas, mandiri dan beradab di tingkat global. Tidak lupa bahwa komunitas Blogger ASEAN juga merupakan bagian dari kelompok masyarakat dan yang paling dekat dengan masyarakat di berbagai daerah Indonesia sehingga memungkinkan bahwa informasi komunitas ASEAN 2015 akan lebih cepat dikenal Masyarakat melalui tangan-tangan anggota komunitas Blogger ASEAN. Semakin banyak blogger yang berperan aktif dalam komunitas blogger ASEAN maka akan semakin baik. Diharapkan para anggota komunitas Blogger dapat mensosialisasikan identitas ASEAN yang cerdas, mandiri dan beradab baik secara online melalui blog dan sosial media maupun secara offline. Andai aku bisa jabat dan tahu lebih dalam tentang ASEAN maka aku akan kenalkan komunitas ASEAN 2015 dengan integrasi konstruktif berbasis kerakyatan pada semua orang di sekitarku.

Majulah Negeriku,
              Majulah Bangsaku, 
                            Majulah Masyarakatku, 
Buktikan Baktimu untuk Masyarakat Indonesia yang lebih baik


Kangen masa kecil. Dimana setiap pagi sebelum berangkat sekolah mendengarkan lagu Indonesia Raya di televisi. Buat bapak Presiden buatdong peraturan setiap stasiun televisi dan radio di wajibkan untuk memperdengarkan lagu Indonesia Raya setiap pagi dan jam 9 malam. Untuk meningkatkan rasa nasionalisme terhadap negara Indonesia. Bukannya malah di suguhi dengan gosip dan film kartun buatan manca negara. Kalau tidak dari televisi atau radio, paling untuk siswa-siswi yang masih sekolah mendengarkan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya hanya satu minggu sekali yaitu saat upacara hari senin. Sedangkan sebagian besar warga Indonesia yang sudah berkerja malah tidak pernah mendengarkan lagu indonesia Raya, Jadi prihatin.. Bagaimana bisa kita punya rasa nasionalisme tinggi jika mendengar lagu Indonesia Raya saja satu minggu sekali..

0 komentar: