Sabtu, 30 Juli 2011

Organisasi Facebook

Posted by Haf Sari 16.13, under | No comments

Seperti pada umumnya sebuah oraganisasi adalah sebuah perkumpulan beberapa orang dengan tujuan yang sama. Mungkin anda semua sudah mengetahui sebuah organisasi dibentuk dan diberi nama sesuai dengan anggotanya. Seperti organisasi pemuda yang awalnya merupakan organisasi yang dibentuk oleh beberapa pemuda dengan tujuan yang sama. Perekrutan anggotapun bermacam sistemnya mulai dari kampanye sampai bersyarat sesama pengguna atau sesama fans. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Bukan berati pula sebuah organisasi mengikat, karena sebuah organisasi kebanyakan tidak mengikat unuk terus bergabung seumur hidup. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. Organisasi sudah ada sejak jaman dahulu kala. Seperti yang kita ketahui saat kemerdekaan bangsa kita tidak luput dari peran sebuah organisasi yang dipelopori oleh pemuda-pemuda Indonesia. Organisasi ini yang memiliki ide untuk meminta Bpk Soekarno untuk memproklamirkan kemerdekaan. Dengan tindakan kongkrit menunjang ide tersebut para pemuda menculik Bpk Soekarno dan juga menyembunyikannya. Inilah sebuah Organisasi yang seharusan menjadi contoh, tidak hanya mempunyai ide  yang baik namun mempunyai tekat untuk mewujudkannya.Dengan taruhan nyawa mereka terus maju apapun yang terjadi.

 Sebuah organisasi saat ini sangat menjamur mulai dari organisasi politik sampai organisasi fans. Mungkin idak semua menyadari bahwa perkumpulan fans merupakan sebuah Organisasi. Perkumpulan fans bisa disebut organisasi karena memiliki syarat-syarat sebuah organisasi. Organisasi fans misalnya Fans artis, ataupun sebuah organisasi yang terbentuk karena adanya kesukaan yang sama. 
Syarat terbentuknya sebuah Organisasi adalah:
  1. Adanya waktu, waku untuk berkumpul sesama anggota untuk merumuskan sesuatu rencana kedepannya.
  2. Subyek, atau sesuatu yang membuat anggota itu tergabung dalam organisasi. Entah itu cuma kesukaan ataupun ujuan yang sama.
  3. Partisipasi, hal ini juga cukup pening partisipasi dari semua anggota agar tujuan dan planing kedepannya terus berjalan.
  4. Komunikasi timbal balik. Ini dalam artian ujuan dan planing yang diusulkan atu dibahas merupakan kesepakatan bersama. Disampaikan oleh komunikator dan ditanggapi oleh anggota lain secara musyawarah.
  5. Partisipasi adalah bersifat persuasif. Dalam Organisasi hendaknya tidak ada pemaksaan sebuah pendapat yang menimbulkan ketegangan dan berakibat perpecahan.
  6. Uang. Sebuah organisasi membuuhkan dana. dana bisa diperoleh dari pungutan anggota atupun sponsor. Dana sebuah organisasi juga bisa didapat dari sebuah usaha yang dikelola bersama.
Seperti keterangan di atas Organisasi facebook adalah sebuah organisasi yang terbentuk dari kesenangan berkomunikasi melalui internet dengan media Facebook. Banyak bermunculan Organisasi semacam ini namun hanya beberapa saja yang berhasil berjalan cukup lama. Organisasi Facebook merupaka organisasi yang terbentuk dari pertemuan didunia maya. Dunia maya yang kontras sekali dengan kejahatan namun dengan adanya wadah yang baik diharapkan bisa menguranginya. Manfaatlah yang diinginkan dengan dibentuknya sebuah Organisasi. Sebuah organisasi facebook biasanya diikuti oleh pengguna facebook secara Regional. Sebagai contoh Pandaan facebook yang saya ikut bergabung didalamnya merupakan Organisasi Facebook yang sebagian besar anggotanya adalah warga Pandaan dan sekitarnya. Kegiatan yang dilakukan sangatlah berragam mulai dari Thouring hingga sekedar ngumpul. Beberapa hari lalu mengadakan pesta Ulangtahun ke 2 dirumah salah satu anggotanya. Good luck dan semoga terus jaya untuk Pandaan Facebook walaupun aku member baru wew pertama kali kumpul asik banget. Gak pandang bulu, mau anggota baru ataupun lama semuanya dianggap sama..ngobrolnya juga asyik...

0 komentar: