Sabtu, 27 Agustus 2011

Tips Mudik aman nyaman

Posted by Haf Sari 16.24, under | No comments

Sebagian besar warga Indonesia akan mudik pada saat menjelang liburan panjang seperti kenaikan kelas, tahun baru ataupun hari raya Idul fitri. Bukan hanya pemeluk agama Islam saja yang akan mudik di hari Raya namun agama lain pun ikut mudik. Hal itu dikarenakan libur panjang saat menjelang Idul fitri sampai sesugah Hari Raya Idul fitri. Pulang kampung adalah hal yang ditunggu-tunggu semua orang, aktifitas yang padat dan pekerjaan yang tidak bisa ditinggal merupakan hal yang membuat orang kangen kampung halaman dan membuat mereka menyempatkan untuk mudik. Mudik bisa ditempuh dengan berbagai alat tranportasi sesuai dengan tujuannya. Banyak orang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dengan alasan lebih hemat waktu dan praktis namun adapula yang memilih transportasi umum dengan alasan kenyamanan (bisa tidur dalam perjalanan) dan ekonomis. Namun semuanya memiliki resiko dan keuntungan. Berikut beberapa tips untuk anda yang mau mudik.

Tips mudik dengan transportasi umum.
  • Untuk anda pengguna transportasi umum usahakan untuk tidak sendirian.
  • Usahakan untuk tidur bergantian dalam perjalanan untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Jangan membawa bawaan yang akan merepotkan anda.
  • Bawalah uang secukupnya dalam bentuk tunai.
  • Simpan uang dengan sebaik-baiknya, usahakan jangan ditaru ditas ataupun dikantung belakan. letakkan di baju dalan atau yang sekiranya sulit diambil pencopet dengan waktu cepat.
  • Untuk ongkos bayar dan makan saja yang ditaru dikantong, jika ada kemungkinan dicopet masih ada uang yang lainnya. 
  • Jangan menaru barang berharga sembarangan, mending dibawah saja atau dititipkan ke rekan anda.
  • Selalu bawa minyak kayu putih ataupun obat anti mabuk perjalanan.
  • Jangan lupa juga bawa minuman dan cemilan dari rumah untuk keamanan.
 Tips Mudik Dengan kendaraan pribadi

Untuk anda pengguna kendaraan pribadi anda harus mengecek kelayakan menempuh jarak jauh kendaraan anda terlebih dahulu. Untuk pengendara motor jangan terlalu banyak bawaan ataupun penumpang itu sangat berbahaya. Gunakan pengaman seperti Helm SNI ataupu sabuk pengaman. Jangan lupa untuk pengendara motor pakai jaket biar gak dingin dan saruing tangan untuk mengurangi pegalnya tangan. Pakailah sepatu untuk kenyamanan perjalanan anda. Bawa minyak kayu putih dan obat mabuk kendaraan serta masker untuk melindungi dari debu..

semoga bermanfaan dan semoga selamat sampai tujuan/...

0 komentar: