Sabtu, 14 Januari 2012

lindungi tempat bersejarah

Posted by Haf Sari 15.38, under | 4 comments

Sejarah adalah kenangan namun kenangan bukanlah sejarah. Bagaimana cara kalian mengenang perjuangan para pahlawan?. Mungkin kalian tidak berfikir untuk melindungi barang-barang atau tempat bersejarah untuk mengenang betapah gigih pertarungan mereka. Tempat yang membuat mereka meregang nyawa untuk negara, membuat lautan dara dibeberapa tempat dengan darah mereka. Baru tahu kota malang yang terlihat mewah dan moderen ternyata dibangun dengan melenyapkan tempat-tempat bersejarah. Darimana saya tahu? ini saya ketahui saat mengikuti acara Ulang tahun Blogger ngalam ke 4 yang bertema OblongMerahMuda. ingin tahu kelanjutannya ini saya ceritakan secara terperinci semuanya, simak yaah..

Sudah tahu kan semua yang namanya ulta pasti rame dan senang-senang isinya. Namun dibalik ulang tahun yang satu ini ada makna tersendiri. Berkumpul dengan blogger merupakan hal yang menyenangkan. Walaupun tidak bisa membaur secarah utuh karena tidak bisa komentar tapi paling tidak bisa menikmati sarasehan dan guyonan ala blogger. Sambil cengar-cengir denger mereka bercanda walaupun gak mudeng yang penting aseek. Pingin banget kayak mereka semua tapi gak tahu harus dimulai dari mana?. Cuma punya satu blog, gratisan pula, bagaimana caranya seperti mereka yang bisa kerja dengan ngeblog doang. Walah kok jadi curhat perasaan, ok deh bahasnya ganti ke perayaan ulta Blogger ngalam ke 4. cekidot

Hari pertama tanggal 07 januari 2011, berangkat dari rumah dengan membawa perlengkapan yang sangat minim disiapkan malam harinya. Planingnya:

-Bawa tas yang dapet dari kopdar 1000 blogger disidoarjo (gak jadi, kegedean toh cuma ke malang doang)
- bawa kaos blogger nusantara yang dapet dari kopdar 1000 blogger disidoarjo kemarin (gak jadi kebanyakan muatan)
- bawa mukhna (gak jadi tasnya gak muat)
- bawa sembong buat selimut, gak bisa tidur kalau gak ada selimutnya (ok)
-Bawa kaos ganti (ok)
-perlengkapan mandi (ok)
-kamera + carger + memori (ok)
-wajib bawa uang untuk angkos (ok)
-bawa KTP dan identitas lain, jaga-jaga kalau ilang (ok)
-Bawa Hp untuk komunikasi dan memori buat foto jika kamera kehabisan baterai (setengah, memori ketinggalan nancep dikomputer setelah memindah isinya ke komputer). bikin kesel hari kedua baterai kamera habis, terpaksa gak foto2 lagi.


Nyampek di tempat acara dilaksanakan jam 07.55 pas banget acara dimulai jam 8.00. Nunggu bentar trus mau daftar, eh ternyata molor deh, biasa jam karet jatim. Harus nunggu lama, akhirnya dibuka pendaftarannya, tapi blom boleh masuk, jalan-jalan disekitar sampai capek. Akhirnya acara segera dimulai, capeknya langsung ilang saat hendak ke ruangan eh gak kelihatan ada senyum paling imut dan khas banget deh dari mbak Mubarika damayanti menyapa. Acara ini didukung penuh oleh Idblognetwork dan bloggernusantara.

Kalian tahu kecewa di awal karena jadwal molor, ngilang dengan acara yang ok BGT. Dibuka dengan tarian selamat datang dari anak-anak SMA, sambutan, sharing sampai kita makan ditemani dengan alunan musik dari embun nasyid. pingin tahu bagaimana pertunjukannya lihat vidionya Disini. Cemilan sebelum makan siang pun mantap banget dari sponsor yaitu kopi/teh, lumpia (isi jamur kuping, ayam, wortel dll mantap poko'e) plus godo gedang. Bukan itu saja teman-teman, sebuah game yang bikin ngakak sampe mules, teman-teman blogger disuru joget gayung menirukan vidio iklan XL axiata yang paling ok juga. Mantaaap dan salut, konsekuensi uda maju, joget dahsyat gaya bawa gayung mandi di empang. Seru banget kan dan masih banyak lagi kegiatan lain yang tertangkap kamera ku, penasaran? bisa dilihat dividio foto oblongmerahmuda.

Sore menjelang dan waktunya untuk mandi, kami para peserta yang menginap di barak disediakan angkot untuk menuju Rampal. Sampai dirampal, langsung diberikan kamar buatku menginap, maklum baru hari sabtu aku datang, mantap bisa tidur nyenyak dengan kasur empuk dan kamar mandi yang memadai. Tunggu dulu blom boleh tidur, masih ada yang seru lainnya disini, selain makan malam, acara puncak yaitu potong tumpeng dan paling seru sarasehannya. Sarasehan seru bersama para pakar berakhir jam 2 pagi. Sayang banget tidak bisa ikut sampai selesai, aku jam 12 malam uda berangkat tidur, kata teman-teman yang sudah menginap sebelumnya akan dibangunkan jam 3 pagi. Dengan asumsi itu aku jadi tidak ikut sampai selesai tuh sharing, ternyata sampai jam 8 pagi baru sarapan heem..

Oke deh harus tetap semangat, acara masih panjang yaitu menjelajah mengenal sejarah kota malang. Perjalanan menggunakan mobil tentara menuju restoran Inggil, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju balai kota Malang dan tugu alun-alun bundar sampai alun-alun kota. Apa saja yang dikunjungi? banyak banget nih aku jelasin:

  • Balai kota Malang yang menghadap ke tugu alun-alun malang. Gedung menggunakan rancangan HF Horn dari semarang, pembangunan selama 2 tahun
  • Tugu alun-alun bundar merupakan sebuah tugu penyemangat bagi masyarakat Malang. Selama tugu masih berdiri kami tidak akan tunduk.
  • Jembatan Kahuripan, sebuah jembatan yang ibangun selama 6 tahun, tanpa jembatan ini belanda tidak dapat menjajah kota malang.
  • Kayu Tangan (Kajoetangan) Di ujung jalan arah alun-alun terdapat pohon yang batangnya menyerupai tangan menunjuk arah.
  • Perempatan Kayu Tangan, sebuah perempatan yang terdapat sebuah bangunan kembar saling berhadapan dibangun oleh Karel Bos yang menunjukan sebuah pintu gerbang menuju kearah semeru. Namun ada yang berpendapat bangunan ini terinspirasi oleh anak kembar karel sendiri.
  • Monumen Chairil Anwar, sebuah monumen yang bersejarah mengenang jasa chairil anwar yang berjuang tanpa mengangkat senjata. dengan puisi terkenalnya . Aku (chairil anwar), Kalau sampai waktuku, tak seorangkan meraju, tidak juga kau, Tak perlu seduh sedan itu, Aku ini binatang jalang, Dari kumpulan njang terbuang, Bila peluru menembus kulitku, Aku akan tetap meradang menerjang, Luka dan bisa terbawa berlari, Berlari, Hingga hilang pedih perih, Dan aku akan lebih tidak peduli, Aku mau hidup seribu tahun lagi.
  • Toko Oen, satu-satunya restoran yang menyajikan masakan khas Belanda, arsitektur serta resep masakan masih dipertahankan khas kolonial.
  • Pertokoan Sarina, sebuah gedung yang awalnya merupakan rumah dinas. kemudian menjadi gedung Societeit concordia dengan gaya khas Indische Empire, Kemudian dibuat menjadi desain kolonial modern tempat hiburan antara lain: meja main kartu, meja biliar, perpustakaan, gedung pertemuan dan arena Ice skating dan sekarang menjadi pertokoan Sarina.
  • Gedung Bank Indonesia ( Javasche Bank) dirancang oleh biro arsitek Hulswit, Fermont , ed Cuypers asal Batavia. Bersama dengan Palace hotel yang sekarang menjadi Hotel Pelangi.
  • Mall Alun-Alun, Kantor bupati berhadapan dengan Assistant residen, disamping masjid jami' dan berhadapan dengan penjara untuk mempermudah pengawasan. Hebatnya masjid Jami' bersebelahan dengan gereja dan gereja ini masih dalam pagar kawasan masjid jami'. Pemukiman warga Eropa di bagian barat daya (Talur, Tongan, Sawahan), Warga cina di sisi tenggara (Pecinan), Warga arab di belakang masjid Kauman. dan pribumi di daerah kebalen, tumenggungan dan jodipan.
  • Musium Brawijaya, Museum ini diresmikan pada 4 mei 1968 dengan nama Brawijaya Sesanti Citra Uthapana Cakra yang berarti sinar yang membangkitkan kekuatan. Koleksinya antara lain: tank hasil rampasan tentara jepang surabaya, Thank Amphibi AM Track, Meriam 3,7 inci "sibuang" dan gerbong Maut. tapi banyak lagi sih yang lain, untuk mengetahuinya mending kunjungi langsung.
  • Monumen Pahlawan TRIP Tanggal 5 oktober 1945 di bentuk TKRP (tentara keamanan rakyat pelajar) dan berubah menjadi TRIP (tentara republik Indonesia pelajar), monumen yang dibangun untuk mengenang para korban pertempuran melawan belanda di jalan salak.
  • Gereja Santa Maria Bunda Karmel ( Gereja Ijen) diresmikan Oktober 1934 dipersembahkan kepada Santa Theresia.
  • Patung Hamid Rusdi, seorang pahlawan yang berhasil melucuti senjat jepang di malang. menjadi komandan Batalyon I Resimen Infanteri 38 Jawa Barat dan menyelesaikan pertempuran dengan sukses. sebagai komandan pertahanan daerah malang pada Clash 1 tahun 1947 dan kota malang tidak dapat dipertahankan beliau menyusun strategi perebutan kota malang kembali, sejak itu sosoknya tidak pernah terlihat lagi.
  • Inggil Museum Resto, sebuah musium yang berada di dalam restoran budaya jawa yang konsisten mengangkat ke"Inggil"an budaya jawa. Tahun 1997 menjadi restoran terbaik di Jawa Timur, tahun 1998 termasuk dalam 100 restaurant terbaik didunia, madrid spanyol. Masakannya mantap dan suasana jawa banget kayak berada dirumah dengan tambahan ornamen jawa yang menarik.
Tempat singgah terakhir adalah restoran Inggil, kita makan sepuasnya disana dengan dihibur 3 tarian. Disana pula acara ditutup. Sekitar Jam 16.30 yuk kita pulang naik angkot dengan membawa kenangan tak terlupakan dari malang dilanjutkan dengan naik bus dari terminal arjosari. Di bus aku ketemu seorang cewek mirip ama teman blogger dimalang, tak sapa aja dari pada dibilang sombong, ternyata bukan. Terlanjur basa mending mandi sekalian, akhirnya kenalan, dianya mahasiswi jurusan bahasa inggris di kanjuruan, anak mojokerto "SKSD" sekalian ngasi kartu nama dan promo blog..heheheh

capek ngomong doang, aku bilang "mbak aku mau tidur jika sudah mau sampai Pandaan bangunin yach" Acara tidur dimulai "nyenyak banget", terbangun kaget ngelihat mbaknya juga tidur ternyata. Waduh nyampek mana nie?? tak liatin plakat dipinggir-pinggir jalan 'eh masih dilawang' kata mbaknya tadi macet banget sampai nie bus gak jalan sama sekali. Alhamdulillah Tidur lagi ah..

4 komentar: