Kamis, 23 Februari 2012

Cara baru penyajian Jamur Tiram

Posted by Haf Sari 09.21, under , | 9 comments

Hayo teman-teman semua siapa yang tidak mengetahui jamur tiram? kalau di tempatku jamur tiram biasa disebut jamur lot
yuk kita bahas sebentar mengenai jamur tiram itu sendiri, baca referensi ah..

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota, jamur tiram memiliki tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Bagian tudung dari jamur tiram berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang licin, diameter 5-20cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk.   Selain itu, jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat. 

Media pembuatan jamur tiram.
Media yang baik adalah jerami. Loh bukannya jerami digunakan sebagai media untuk membuat jamur kancing atau biasa disebut jamur damen? iya, benar. Maka dari itu  jerami yang baik untuk dibuat sebagai bahan media tanam jamur tiram adalah dari jenis jerami yang keras sebab jerami yang keras, tidak busuk, kering dan bersih tidak mudah ditumbuhi jenis jamur lain salah satunya jamur kancing. Selain itu Kadar air diatur 60 – 65 % dengan menambah air bersih agar misellia jamur dapat tumbuh dan menyerap makanan dari media tanam dengan baik.
 Kandungan Gizi dan Manfaat jamur tiram.
 Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. 

Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematodeJamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit liver, diabetes, anemia.  Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol
Sumber : Sotoji

 Cara baru penyajian Jamur Tiram
Baiklah setelah bahas panjang kali lebar mengenai jamur tiram kita langsung saja membahas penyajian jamur tiram. Masak jamur di tumis, di buat keripik itu sudah biasa. Untuk kali ini bagaimana kalau jamur tiram di soto. Disoto?? iya, disoto.
Membaca tulisan disoto pasti sudah bisa membayangkan macam-macam soto mulai dari soto ayam, soto babat, soto daging tapi baru dengar namanya soto jamur. Membaca tulisan soto identik dengan mie dan kental. Soto jamur pasti enak, seperti soto pada umumnya jamur juga harus digoreng terlebih dahulu.
Bagaimana kalau saya bilang Soto jamur Instan?
Dengar soto jamur saja sudah bertanya-tanya seperti apa rasanya apa lagi soto jamur instant, memang ada atau cuma imajinasi ?
Sudah pasti ada. penasaran? banget...
Sotu jamur instan ini merupakan produk baru kreasi anak bangsa, bukan merek terkenal namun pastinya mengangkat citra bangsa. mengapa seperti itu? Aslinya Masakan SOTO itu dari mana? oke deh kalau gitu yang terkenal soto dari mana saja? Soto Kediri soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. Tuh kan apa yang saya bilang SOTO itu produk Indonesia dan asli Indonesia. Tidak ada ceritanya SOTO Inggris..heheheh
Dengan adanya Soto Jamur Instant (SOTOJI) bukan tidak mungkin akan mengangkat citra bangsa dengan produk yang baru dan bukan jiplakan dari produk yang sudah ada. Apalagi Indonesia sepertinya identik dengan jiplak-menjiplak, seperti gaya pakaian korea style dan lainnya, soal masakan Indonesia rajanya.
 Kembali lagi pada pokok pembahasan soto jamur, soto jamur memiliki beberapa kelebihan selain mengenyangkan karena terdapat bihun juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, zat besi, kalsium, karbohidrat, dan protein.
Saya belum pernah mendengar dan melihat produk SOTOJI, bagaimana mendapatkannya?
Untuk mendapatkan produk SOTOJI bisa langsung pesan pada produsen langsung jadi gak takut kadaluarsa dengan cara isi platform order disini Sotoji
Apa perbedaan Sotoji dengan mie soto instan lainnya?
Produk Sotoji tidak memiliki bau yang menyengat saat telah matang seperti produk mie instant pada umumnya, hal ini membuktikan Sotoji baik dikonsumsi kareba kandungan MSG yang rendah. Cabe tidak terlalu pedas, memungkinkan untuk dikonsumsi pendamping nasi bersama buah hati dan juga nenek (cocok untuk usia anak-anak hingga manula). Sotoji menjadi solusi penyajian masakan jamur kapan dan dimana saja. Pagi hari, buru-buru beraktifitas, masak gak sempat, masak SOTOJI praktis.

Cara memasaknya tidak jauh berbeda dengan mie instant biasa.
  • Rebus air hingga mendidih (nunggu air mendidih aku sukanya ngemilin jamur gorengnya, "kriuk")
  • Masukkan  mie dan jamur goreng
  • sambil nunggu masak campur bumbu di dalam mangkok
  • tuangkan mie beserta kauhnya.
  • campur dan siap di makan.."mantap"

9 komentar: