Minggu, 18 Maret 2012

Chat Indonesia VS Inggris

Posted by Perumahan asri 12.10, under | 4 comments

Chating sebuah kesenangan pribadi bagiku. Maklumlah aku gak begitu suka berpergian. Chating membantuku untuk berkomunikasi dan mengenal dunia lain diluar sana. sebuah perjalanan yang lumayan jauh aku tempuh sendirian dengan memanfaatkan fasilitas umum, khususnya transportasi. Awalnya jangankan keluar kota, kota pasuruan saja aku tidak hafal, jadi jika di tanya orang. Kamu anak mana ? Prigen. Di pandaan kapan di adakan karnaval? Gak tahu. loh kok gak tahu, kamu kan tinggal di Prigen kok gak tahu?klo udah deket juga tahu sendiri, klo masih lama ginie gak ada yang tahu karena panitia tidak menginginkan adanya kericuhan dalam pelasanaan.

Chating dan kenal banyak orang, entah itu dari facebook, blog, komunitas, envolve ataupun yahoo sangatlah menyenangkan. Dari dunia maya akhir tahun lalu aku ke sidoarjo, walau hanya nampang doang..Berangkat kesidoarjo tanpa tahu sedikitpun info mengenai lokasinya, yang aku ketahui hanya nama hotelnya saja. Malam harinya SMS teman yang kenal dari facebook juga dan sampai sekarang belum pernah bertemu, nanya mengenai turun naik angkot dari pandaan. Pagi hari berangkat naik ojek ke Pandaan, naik angkot ke Sidoarjo, gak nyadar kalau dalam perjalanan aku melewati danau gas Lumpur lapindo. Turun di ramayana, naik becak ke lokasi, kata temenku paling Rp 5rb. eh gak di sangka pak tukang becak minta Rp 12Rb. Beliau berdalih jalannya memutar, jadi takut mau naik becak, takutnya malah salah lokasi. Telfon teman lagi "jadi merepotkan", beliau bilang mau gak jalan kaki? ok deh dari pada nyasar. Dari kamu turun angkot, berjalan kearah kanan hingga tugu, belok kiri, jalan lurus sampai melewati rel kereta api, menolehlah ke kanan, kamu akan melihat tulisan KFC dan disitulah tempatnya. Tetapi jujur aku sama sekali tidak melihat tugu, hanya saja dia bilang tidak menyebrang jalan berati emang harus belok kiri karena itu perempatan dan berdiri di sebelah kiri, eh malah bener dan sampai tujuan.

Beliau ini adalah mas Harmawan Irianto, beliau bukan blogger juga tidak hadir dalam kopdar, eh malah teman blogger, sesama member dan juga ikut kopdar, sulit banget dimintai tolong, yang tidak perlu disebutkan namanya,, sampai tak belain pinjem HP teman kenal dilokasi kopdar "AIM" untuk OL twitter. Ok itu sedikit penggalan cerita chat dengan sesama warga Indonesia.

Bagaimana dengan chat berbeda bahasa?
Ini sebuah pengalaman ku sendiri. Bagai mana seorang warga Indonesia tidak bisa berbahasa Inggris, alias hanya bisa berbahasa Indonesia, jawa dan chat dengan warga India yang hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa Tamil atau bahasa Inggris. Heem bagaimana yach ceritanya? bagaimana cara berkomunikasi agar keduanya mengerti dengan apa yang mereka maksudkan?.

Inilah perbedaan warga Indonesia dan warga asing. Bagaimana kita warga Indonesia saat berkomunikasi dengan warga asing maka kita akan berusaha mengikuti bahasa mereka. Seperti apa yang aku lakukan saat chat dengan warga asing, tidak mengerti sebagian kata-kata yang mereka gunakan, maka Mbah google yang bertindak, begitu sebalikanya, mbak Google yang bertindak sebagai perantara. Namun orang Indonesia seperti saya mudah menyerah, saat seseorang telah mengabaikan sapaku, maka aku berfikir, ya sudahlah mungkin aku tidak pantas untuk berteman dengannya.

Bagai mana dengan orang asing. Dia tidak memiliki keinginan untuk mengenal Bahasa Indonesia. Coba liaht saja percakapan saya dengan orang satu itu. Saat beliau berkata menggunakan bahasa Inggris, aku malah jawab dengan bahasa Indonesia. Apa yang terjadi? Dia masih saja berusaha meyakinkan agar saya Chating dengan bahasa Inggris. Yang membuat saya salut, walaupun saya menggunakan bahasa Indonesia, dia masih tetap menyapa dengan bahasa Inggris yang ia ketahui setiap OL. Perbedaan yang mencolok adalah, saat kita warga Indonesia chat dengan warga asing pastinya memperhatikan penulisan hurufnya, takut berbeda arti. Namun bagaimana dengan mereka? mereka malah mengetikan setiap kata bahasa Inggris dengan singkatan seperti You = U, Are = r,. What = wat, doing = dng heem gimana mau di translate di mbah Google klo seperti ini. yang lain ada kata Please ditulis dengan pls, aku kira dia bilang "saya tidak mengerti bahasa kamu, pulsa bicara bahasa Inggris" eh ternyata. Jadi ribert komunikasih dengan orang asing kalau ginie caranya, aku aja klo belajar satu kata bahasa inggris aku hafalkan setiap hurufnya, jangan sampai kurang atau salah huruf, tapi bagaimana jika mereka sendiri penggunaan hurufnya tidak baku? hanya yang pandai berbahasa Inggris yang bisa melakukan ini.

4 komentar:

haha susah emang mba kalo di chat ama orang asing mah..

iya nie..pa lg aku gak bisa bahasa Inggris..

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

wah perjuangannya berat juga ya mbak...
Btw ini post bahas chatting eh sampe di acara kopdar wkwkwk.. Btw saya suka bacanya, jadi menginspirasi agar tidak lekas putus asa