Sabtu, 31 Desember 2016

60 Tahun menginspirasi

Posted by Haf Sari 20.18, under , | No comments



60 Tahun menginspirasi itu bukan hal yang mudah.Mulai dari fase belajar, fase menentukan kepribadian dan fase menentukan tujuan. Belajar ilmu pengetahuan dan agama, membentuk kepribadian merupakan masa yang penting bagi seseorang. Pemilihan tujuan merupakan hal yang juga menentukan masa depan namun kegagalan akan memberikan kekuatan lebih pada tujuan selanjutnya.
Seseorang yang menginspirasi adalah seseorang dikenal baik sifat, kepribadian ataupun pencapaian bermanfaat bagi orang lain sehingga menumbuhkan semangat bagi banyak orang untuk memiliki sifat, kepribadian dan pencapaian yang sama bahkan lebih baik. Di Indonesia banyak sekali tokoh - tokoh yang menginspirasi seperti Ibu RA kartini yang memberikan pendidikan pada perempuan pada masa penjajahan. Bagaimana dengan sekarang, adakah tokoh - tokoh yang menginspirasi ? Tentu saja banyak hanya saja luput pemberitaan sehingga hanya orang di sekitar yang mengetahuinya. Contoh kecil dari tokoh - tokoh mengispirasi adalah penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards 2015 antara lain :

- Tutus setiawan penyandang Tuna Netra yang membantu penyandang Tuna Netra Surabaya belajar dan berlatih meningkatkan kemampuan.
- Risna Hasanudin yang prihatin terhadap nasib anak-anak dan perempuan afrak sehingga beliau mengajarkan membaca dan berhitung serta memberikan pelatihan usaha kecil.
- Trisno yang menjadikan desanya menjadi desa wisata yang berwawasan lingkungan.
dan masih banyak lagi..
Bagaimana dengan bidang usaha atau perusahaan? Perusahaan lebih di kenal dengan penghasil dan keuntungan. Dua sisi yang terlihat nyata namun masih banyak sekali sisi lain dari sebuah bidang usaha atau perusahaan seperti kebijakan mengenai karyawan, pengelolaan limbah, perlindungan lingkungan dan lainnya seperti yang di lakukan Astra. Di usia ke 60 Astra telah melaksanakan keseimbangan antara Bisnis, sosial dan lingkungan yang menginspirasi pelaku bisnis lainnya. Seperti Usaha lainnya Astra juga tidak langsung besar dan berusia 60 Tahun. Astra memulai usaha dari 0 sebagai perusahaan dagang tahun 1957 hingga tahun 1969 Astra menjadi distributor kendaraan Toyota di Indonesia. Mungkin kalian akan bosan membaca sejarah ASTRA hingga sekarang karena kebanyakan orang tidak ingin mengetahui setiap langkah dan waktu dari sebuah keberhasilan. Oleh karena itu aku hanya akan membahas 60 tahun Astra yang menginspirasi  dari beberapa bidang usaha antara lain :

Bidang Otomotif terbagi dalam 4 bagian yaitu :
- Kendaraan Roda Empat : Toyota, Daihatsu, Isuzu, peogeot, UD Trucks dan BMW
- Kendaraan Roda Dua : Honda
- Komponen kendaraan : PT Astra otoparts Tbk
- Produk dan jasa terkait otomotif : AstraWorld

Bidang Jasa Keuangan terdiri dari 6 bidang yaitu :
- Pembiayaan Mobil : PT.Astra Sedaya Finance, Pt. Toyota Astra Financial Services
- Pembiayaan sepeda Motor : Pt. Federal International Finance
- Pembiayaan Alat Berat : Pt. Surya Artha Nusantara Finance, Pt Komatsu astra Finance
- Asuransi Umum : Pt Asuransi Astra Buana
- Asuransi Jiwa : Pt. Astra Aviva Life
- Jasa Perbankan : Pt. Bank Permata Tbk

Bidang Alat Berat dan Pertambangan terbagi dalam 4 bidang yaitu :
- Produk dan jasa mesin Konstruksi : Pt United Tractors Tbk, Pt Tractor Nusantara
- Kontraktor penambangan :Pt. Pamapersada Nusantara
- Pertambangan Batubara : Pt. Tuah Turangga Agung
- Industri Konstruksi : Pt. Acset Indonusa Tbk

Bidang Agribisnis Minyak Kelapa Sawit : Pt Astra Agro Lestari Tbk

Bidang Infrastruktur, Logistik dan lainnya terbagi dalam 6 bidang yaitu :
- Infrastruktur Umum : Pt. Astratel Nusantara, Pt. Intertel Nusaperdana
- Logistik : Pt. Serasi Autoraya
- Jalan Tol : Pt. Marga mandalasakti, Pt. Marga Trans Nusantara, Pt. Marga Harjaya Infrastruktur
- Pengelolaan Air Bersih : Pt. Pam Lyonnaise Jaya
- Pelabuhan Laut :Pt. Pelabuhan Penajam Banua Taka
- Properti : Pt Menara Astra, Pt. Brahmayasa Bahtera ( Anandamaya Residences )

Bidang Teknologi Informasi terbagi dalam 3 bidang yaitu :
- Solusi Dokumen : Pt. Astra Grphia Tbk
- Layanan Kantor : Pt. Astragraphia xprins Indonesia
- Solusi Teknologi : Pt Astra Graphia Information Technology

Bagi saya informasi di atas cukup mengejutkan, selama ini saya mengetahui Astra sebagai pemilik atau produsen kendaraan Honda yaitu Honda Astra. Produk Honda begitu populer di tempat saya baik di tempat kerja maupun di tempat tinggal. Dari keluarga tetangga hingga teman kerja semuanya memakai produk Honda.Dari beberapa produk Honda yang paling banyak adalah Honda Beat, berbagai alasan memakai Honda Beat baik versi lama ataupun terbaru. Beberapa alasan yang aku tanyakan antara lain :
- penggunaannya nyaman baik untuk wanita maupun laki-laki.
- mesin tahan lama walaupun di gunakan di jalanan menanjak seperti daerahku Daerah pegunungan kecamatan Prigen.
- Onderdilnya tahan lama seperti pengakuan salah satu teman kerjaku selama 3 tahun belum pernah mengganti apapun seperti roda, aki dan lainnya dan belum pernah rusak sampai di jual untuk membeli kredit yang baru.
- Hemat bahan bakar.
- Harga jual kembali cukup tinggi sehingga salah satu teman saya belum pernah ganti merek lain.
- Onderdil dan service kendaraan mudah di dapatkan.
- proses pembelian secara kredit cukup mudah.
Mungkin masih banyak lagi alasan mereka namun itu yang aku ketahui.

60 Tahun Astra Menginspirasi bukan hanya bidang usaha namun juga dalam bidang pendidikan. Astra telah mendirikan beberapa Yayasan pendidikan dari tahun 1974. Yayasan pendidikan tersebut antara lain :
- Yayasan Toyota dan Astra (YTA) bergerak dalam bidang penyediaan bantuan dana dan pembiayaan bagi kegiatan pendidikan, riset, pengembangan ilmu sains dan teknologi.
- Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA ) bergerak dalam bidang pembinaan dan pengembangan UMKM di tanah air.
- Yayasan Astra Bina Ilmu ( YABI ) menyelenggarakan pendidikan dalam bidang otomotif dan sumberdaya Alam
- Yayasan Asta Honda Motor (YAHM ) pemberian beasiswa berprestasi dan prasejahtera serta kegiatan sosial lainnya.
- Yayasan Amaliah Astra ( YAA) bergerak dalam bidang sosial keagamaan
-Yayasan Karya Bhakti United Tractors ( YKB UT ) lembaga pendidikan keterampilan mekanik dan operator alat-alat berat terbaik di dunia.
- Yayasan pendidikan Astra Michael D. Ruslim ( YPA-MDR ) membantu sekolah dasar dan menengah di daerah Prasejahtera
- Yayasan Astra Agro Lestari ( YAAL ) menciptakan sekolah terbaik di wilayah perkebunan baik bagi keluarga karyawan maupun masyarakat sekitar.
- Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara ( YIMP ) pembentukan karakter karyawan yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

Selain dalam bidang Pendidikan Astra juga melakukan kegiatan-kegiatan sosial lainnya melalui Program SATU Indonesia antara lain penanaman pohon, bank sampah, pembentukan komunitas ibu-ibu mandiri wirausaha, pelayanan kesehatan garatis, tanggap bencana dan donasi dan kegiatan sosial lainnya. Dalam Program SATU Indonesia (Semangat Terpadu Untuk Indonesia ) ini yang saya harapkan dapat terus berkembang ke daerah lain termasuk daerahku. Daerah pegunungan bukan berarti bebas sampah justru sebagian sampah yang di bawah air menuju perkotaan penyebab banjir berasal dari daerah dataran tinggi seperti dari daerahku. Sebagian besar warga membuang sampah kesungai, padahal sebagian sampah yang mereka buang masuk kesawah mereka terbawa air sungai. Untuk merubahnya membutuhkan aksi yang besar dan dana yang besar mengingat masyarakat tidak mengalami dampak langsung dari pembuangan sampah kesungai seperti banjir dan juga lahan yang semakin sempit. Dari berbagai pencapaian baik dalam bidang usaha, pendidikan, lingkungan dan sosial saya menyebut 60 tahun Astra yang menginspirasi kita untuk terus berusaha demi kemajuan dan pengabdian untuk bangsa.



0 komentar: