Jumat, 08 Februari 2013

Pulang kampung saat Imlek

Posted by Haf Sari 17.52, under | No comments

Kalau dengar kata Imlek apa yang kamu pikirkan?

kebiasaan-kebiasaan tersebut sudah biasa kita lihat saat imlek tiba. Kebiasaan tersebut muncul di Indonesia secara umum sejak beberapa tahun lalu saat orde baru di gantikan dengan demokrasi. Namun ada satu kebiasaan saat imlek yang di lakukan oleh warga china yang tidak umum di Indonesia. Pulang kampung, tidak semua orang mengetahui bahwa keturunan China di Indonesia akan pulang kampung saat Imlek. Layaknya Hari Raya Idul Fitri untuk agama Islam. Saat Imlek warga China juga pulang kampung. 

Mahalnya tiket kereta api dan sulit mendapatkan tiket kereta api saat pulang kampung bukan hanya di alami oleh warga Indonesia saat pulang kampung hari raya Idul Fitri tapi juga warga china saat Imlek. Warga china menggunakan sepeda motor untuk mudik Imlek. Seperti laporan di sebuah media menyebutkan ratusan ribu pekerja migran China menggunakan sepeda motor untuk mudik Imlek di china.

Jika di china hingga ratusan Ribu pemudik menggunakan sepeda motor tidak membuat macet, kenapa di Indonesia pengendara motor di sebut-sebut sebagai penyebab macet??. Di China jalanan di bagi, sehingga untuk sepeda motor ada jalur khusus. Sebenarnya yang membuat macet bukanlah motor tetapi justru mobil-mobil pribadi. Bayangkan saja jika sepeda motor berbelok atau berputar, pastinya tidak membuat macet. Berbeda dengan mobil jika berputar ataupun berbelok pasti memakan jalan dan bikin macet. Belum lagi mobil-mobil besar seperti tronton, yang pada umumnya bergerak pelan. Jika di Indonesia di berlakukan dan di buat semua jalan terpisah antara motor dengan mobil, pastinya antrian terpanjang ada pada antrian mobil. Justru karena mobil berhenti atau parkir di pinggir jalan karena mogok, pecahban ataupun sekedar parkir akan merepotkan pengendara lain. Memakan badan jalan dan menimbulkan macet sudah pasti. Jadi jangan saling menyalahkan.


0 komentar: