Jumat, 02 Maret 2012

Modus penipuan By Phone, By sms By email terbaru

Posted by Haf Sari 12.38, under , | 10 comments

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dan kesenjangan sosial yang cukup besar, membuat beberaapa orang melakukan segala cara untuk mendapatkan uang yang mereka inginkan. Sebuah kata "penipuan" sudah sangat tidak asing dimata semua orang. Berbagai modus telah dilakukan, baik bertatap muka langsung atau tidak. Perkembangan teknologi komunikasi semakin berkembang pula modus yang dilakukan mereka.

Penipuan By Phone

Sebuah tindak kejahatan penipuan yang dilakukan dengan cara menelfon mangsanya. Sebenarnya di televisi atau media lain sudah sering di bahas bahwa seseorang bisa membeli data pelanggan dengan sebuah harga. Oleh karena itu jangan mudah percaya walaupun. Penelphon bisa menyebutkan nama anda dengan benar. Modus yang digunakan oleh si pelaku adalah langsung telfon ke nomor mangsanya. Dengan menyebutkan nama si pemilik nomor.
  • Si pelaku akan mengatakan bahwa anda telah memenangkan sebuah undian dan tidak dikenakan biaya sepeserpun. Dari kata-kata itu mungkin anda sudah percaya 80% kepada si penelphon. 
  • Setelah itu beliau bertanya anda tinggal dimana? padahal mereka sudah mengetahuinya. Sebelum telfon si pelaku cek data lokasi seperti keberadaa gerai atau kantor-kantor sebuah perusahaan yang berkaitan dengan penarik undian. 
  • Anda akan disuru menghubungi seseorang yang katanya adalah rekannya di cabang lokasi anda (jika di cermati suaranya sama). 
  • Penelfon kedua akan memberikan tata cara pemberian hadiah. Dari sini kepercayaan anda akan berkurang, untuk itu sang Penelfon kedua memberikan 2 nomor polisi gadungan untuk meningkatkan kepercayaan anda. 
  • Setelah anda kembali percaya 80% dia akan memberikan sebuah nomor untuk di isi sejumlah nominal pulsa. Tapi tunggu, jika anda seorang penjual pulsa, mereka akan tetap ngotot untuk anda mengisi dengan membeli di konter lain. 
  • Saat perjalanan ke konterpun anda dipaksa untuk tidak mematikan telfon. Biarpun anda mematikan maka mereka akan menelfon kembali. Hal ini dilakukan agar anda tidak sempat berfikir. 
  • Kedua anda akan di berikan lagi nomor yang harus anda isi sejumlah nominal pulsa sampai tiga kali. Pengisian pulsa dilakukan dengan dalih dikirim kepada penyoting acara penyerahan hadiah dan penyoting tersebut dari tiga stasiun televisi besar. 
  • Saat anda menyadari bahwa ini adalah penipuan dia akan berkata "Saya ini Haji tidak akan berbohong. Astaghfirullah " (benar Haji atau Haji gadungan siapa tahu toh semua itu bohong setelah di cek ke TKP).
  • Setelah itu nomor tidak bisa dihubungi kembali. ini beberapa nomor yang terlibat namun nomor penelfon pertama raib..
penelphon ke dua : 082191102079

no polisi gadungan : 082191686118, 081353101109
nomor yang harus di isi sejumlah pulsa : 085341404089, 085397597577, 085397335544

Penipuan By Email

Ini untuk semua pengguna Internet khususnya untuk yang memiliki Email. Harap berhati-hati, sekarang semuanya bisa diakalin, misal kita ada di indonesia bisa saja mengaku ada di argentina. Ol di sebuah forum, terlihat benderanya amerika padahal tuh orang ada di Indonesia. Entah bagaimana caranya tapi itu pernah aku lihat. Sebuah Email penipuan yang pernah aku dapatkan adalah email dari seseorang yang mengaku sebagai ABAN (Jabr SON) puta dari  : ABUBAKR YUNIS JABR Abubakr Yunis Jabr adalah Menteri Pertahanan Libya di bawah rezim Kolonel Muammar Gaddafi. Posisi resminya adalah Sekretaris Komite Interim Libya Umum Pertahanan

Beliau meninggal dalam penangkapan Khadafi, dalam emailnya meminta saya untuk menolongnya. Dengan alasan dia ada di pengungsian dan tidak memiliki uang untuk mengambil harta warisan ayahnya. Harta warisan itu yang sesungguhnya adalah dana pembelian senjata untuk pertahanan Libya senilai 7 juta dolar Amerika. Karena untuk mengambil harta tersebut membutuhkan seorang pengacara. Si penipu akan memberikan beberapa dokumen untuk membuat anda percaya. Sebuah modus yang sangat cerdik, apa lagi jika ditujukan kepada orang awam. Semuanya harap berhati-hati, jangan tergiur dengan uang yang sangat banyak dengan hanya modal kecil tanpa berkerja keras.

Dari contoh ini masih mungkin banyak modus lain yang akan di kirim melalui Email anda, berhati-hatilah.

Kalau penipuan jenis ini sudah tahu semuanya dan bukan rahasia umum lagi. Dari dulu sudah ada jenis penipuan ini dan semakin berkembang saja modus yang digunakan. Modus yang digunakan dalam penipuan By SMS antara lain:
  • Sms mendapatkan hadiah undian dari telfon selular atau perusahaan lain misal kukubima. ingat ini hanya Hoax.
  • Sms mengaku sebagai orang tua atau saudara. si penipu mengirimkan sms kepada kita, untuk mengisi sejumlah nominal pulsa ke sebuah nomor yang tercantum dalam SMS dengan mengaku sebagai ortu atau saudara,. kebanyakan dengan alasan sedang di kantor polisi. "Bagaimana mau percaya, Ortuku gak bisa SMS dan tidak punya HP mana bisa inget nomer HPku. Hoax
  • Sms mengaku sebagai Some One. Ini paling gak masuk akal. Sebuah sms yang mencantumkan "sayang isikan pulsaku dulu dong ke nomer ini.. klo Some One pastinya hafal dong nomernya, masak yang kirim dan yang minta di kirim pulsa ini bukan nomer Some One kita..milik siapa dong?? Hoax

10 komentar: