Minggu, 29 Juli 2012

Nasi liwet Khas Solo



Kali ini aku akan memberi tahu tempat makan enak dan juga murah meriah di Solo. Bukan berati aku membuat semua yang lagi puasa kepingin. Jika kalian semua ke Solo jangan lupa untuk mencicipi nasi liwet khas Solo selain mengunjungi Pusat Grosir Batik Solo. Nasi liwet Khas solo ini bisa anda semua jumpai di sepanjang jalan Adi Sucipto. Dalam kesempatan Blogilicious 2012 Solo ini kami para peserta dari luar kota Solo menginap di RBI. Pertama kali ke Solo perjalanan Ransel  sendirian merupakan pilihan yang mencemaskan, tapi semua berjalan dengan lancar. Malam hari menginap di RBI bersama anak-anak dari Bojonegoro. Pagi harinya langsung keluar sendirian menyusuri jalan. Tujuan utama adalah cari sarapan. Di ujung jalan Adi Sucipto aku langsung memesan sarapan dengan lauk seadanya, yang matang hanya nasinya, Namanya juga lapar, walau cuma nasi dan mie makan aja deh. Setelah sarapan karena waktu untuk acara kopdar masih sangat lama, aku putuskan jalan-jalan, Tersesat, di fikirkan belakangan. Berjalan menyusuri jalan kanan, di sana akan di temui beberapa pedagang buah, jam 6 pagi kios buah sudah buka. Dilanjutkan berjalan kearah kiri. 

Perjalanan ke arah kiri, setelah beberapa saat terlihat segerombol orang sedang duduk lesean di pinggir jalan di depan Hotel Sinar Indah Solo. Pedagang nasi liwet Khas Solo ini ternyata bukanlah warga Solo asli. Penjual nasi Khas Solo ini tinggal di Kleten Jawa Tengah. Sang pedagang berjualan sejak jam 4 pagi. Pedagang nasi liwet khas solo berangkat dari rumah sekitar jam 3.30 pagi sehingga perjalanan dari rumah hingga lokasi sekitar 30 menit. Untuk menikmati nasi Khas Solo di depan Hotel Sinar Indah jangan terlalu siang. Jam 8 pagi sudah habis.

Makanan Khas Solo yaitu nasi liwet khas Solo dapat di temui di pinggir-pinggir jalan Raya Adi Sucipto. Nasi Liwet Khas Solo merupakan sebuah hidangan yang khas dengan menggunakan pincuk daun pisang. Kalian tahu kan jika sebuah masakan yang masih panas di sajikan menggunakan daung pisang maka akan mengeluarkan aroma yang enak. Nasi Liwet Khas Solo ini terdiri dari nasi liwet dengan sayur santan, suwir ayam jawa, telur bumbu santan. Telur bumbu santan bukannya telur yang di kukus kemudian di bumbu santan tapi ini di masak secara berbeda. Untuk lebih jelasnya mengenai resep dan menu nasi liwet khas solo kita ulas besok.

0 komentar: