Jumat, 20 Juli 2012

Pemanfaatan teknologi digital, SMS to Online

Posted by Perumahan asri 12.17, under | 7 comments



Ngawur Writing Contest "Pemanfaatan Teknologi Digital Indonesia" yang di adakan oleh komunitas Ngawur, membaca kabar ini aku sudah langsung minder. Sudah tidak dipungkiri bahwa blog thimits tidak pernah posting mengenai turorial kerana pemiliknya terlalu Gaptek. Namun di hari terakhir ini aku terbersit untuk berbagi sedikit ilmu. Lebih tepatnya bukan berbagi ilmu, tapi berbagi pengalaman pemanfaatan digital. Siapa yang belum tahu istilah Facebook atau twitter? Semua orang pasti tahu, apalagi anak muda sebagai penerus bangsa yang kebanyakan bersosial melalui Facebook atau Twitter. Untuk menulis status atau ngetweet apa yang kamu gunakan? BB, Ipad, Nootebook, Laptop dan PC. Dengan sebuah HP smart seperti BB atau Adroid kita bisa Update status dimanapun kita berada, seakan dunia ada dalam genggaman. Tapi bagaimana dengan HP seperti ini?
Jangan salah, HP milikku ini telah menemani hari-hariku dimanapun. Dengan sebuah HP yang hanya bisa untuk SMS, Telfon, dengerin Radio dan motret ini aku bisa update status Facebook yang sekaligus menjadi tweet di Twitter. Logikanya kita bisa update status dengan koneksi internet atau Sms. Memang benar dan aku tidak memungkiri hal tersebut, tapi kali ini aku mau memberikan bagaimana cara agar update status facebook langsung secara otomatis masuk menjadi twet di twitter. Berikut contoh status yang juga menjadi twet dari sms saat perjalanan aku dari Solo ke Surabaya.










Tweet dari status facebook

























Lihatlah dengan seksama tanggal, jam dan isi dari status twitter ataupun status facebook tersebut. Mungkin teman-teman facebook heran, kenapa saya menggunakan hastak ataupun mention pada status facebook, padahal untuk facebook itu tidak berpengaruh. Semua ini dilakukan untuk mempermudah dalam melakukan sosialisasi di kedua jejaring sosial tanpa harus kirim sms dua kali. Dengan sms satu kali kita sudah update atatus facebook dan status twitter. Skemanya seperti berikut ini lebih jelasnya.

Skema sms menjadi tweet sekligus status facebook

Bagaimana cara melakukannya?
Caranya cukup mudah dan bisa di cari di pencarian Google atau di Pusat Teknologi, tergantung kita mau memakai yang mana. Aku akan membahas secara singkat saja. Pertama yang harus dilakukan adalah Cara mengaktifkan update status dan mendapat pemberitahuan facebook melalui SMS
  •  Login facebook dan masuk pengaturan akun
  • Pilih selular
  • Pilih tambahkan Ponsel
  • Pilih negara dan operator sellular kemudian pilih berikutnya
  • Ikuti petunjuk selanjutnya yaitu ketikan F dan kirim ke 32665 dari ponsel anda.
  • Setelah beberapa saat maka anda akan mendapatkan sms kode konfirmasi, ketikan kode tersebut dan pilih berikutnya.
  • Perlu di ingat jika nomor ponsel anda tidak ingin di ketahui oleh semua teman di facebook maka hilangkan centangnya terlebih dahulu.
  • Seting pemberitahuan, disini anda dapat memilih pemberi tahuan apa saja yang akan anda terima melalui sms dan anda juga bisa menambahkan nama facebook teman agar saat kita tidak online dan teman tersebut update status, maka secara otomatis masuk pada HP berupa sms.Pilih Simpan perubahan.
  • Seting pesan facebook dan batas sms harian anda.
  • Post by email adress, ini untuk anda yang ingin menulis status dengan gambar melalui email. Caranya cukup mudah, tulis email seperti biasa dan bisa di sisipkan gambar dan kirim ke embank831fluke@m.facebook.com pada ponsel. karena HP saya juga tidak bisa untuk membuka email maka saya tidak menggunakannya.
Sudah selesai cara untuk update status melalui SMS sekarang tinggal cara untuk bagaimana status Facebook yang dikirim melalui sms langsung menjadi Tweet kita di twitter. caranya sebagai berikut, bisa di cari di pencarian google tapi saya juga sudah lupa alamat blognya waktu itu.
pengaturan akun, status facebook otomatis menjadi status di twitter
  • Login Facebook dan juga twitter terlebih dahulu
  • kunjungi https://www.facebook.com/twitter/
  • Pilih tautkan profil saya ke twitter.
  • pilih kata Authorize App
  • Anda akan mendapati pengaturan data apa saja yang akan secara otomatis masuk ke Twitter seperti gambat milik saya berikut ini.
  • Setelah selesai, maka anda pilih simpan perubahan.
Nah sekarang sudah selesai semuanya, dengan HP tidak terlalu pintar kita bisa bersosialisasi pada dunia online. Dunia Facebook dan Twitter dapat kita manfaatkan sebagai Bisnis yaitu membuat toko online, toko online tidak harus memiliki Modal besar. Kita bisa menjadi dropsip dari toko lain. Dengan SMS status atau tweet juga mendapatkan sms pemberitahuan, kita semakin mudah mengontrol adanya pesanan dengan HP yang kita miliki. Sebagai Blogger Nusantara sudah sepantasnya jika dalam postingan kali ini ada unsur blognya, nah  ini dia ceritanya.
 Dalam bulan ini saya juga mendapatkan sebuah ilmu, walaupun untuk orang lain ini merupakan ilmu yang sudah ketinggalan jaman, tapi buat saya ini ilmu yang sangat berguna. Dari salah satu pembicara Blogilicious aku baru mengetahui bisa update postingan blog dari email, SMS ataupun MMS. Pertama aku mendengar itu "penasaran", walaupun HPku itu tidak dapat membuka email. Setelah pulang dari Solo aku langsung praktekan, mungkin karena kurang konsen atau terlalu semangat untuk praktek di rumah aku tidak daftar Posterous.com dulu, melainkan langsung posting melalui email sehingga hasilnya muncul blog baru. Kemudian, langsung tanya pada pembicara via Twitter ternyata Cara posting blog melalui email yaitu kirim email ke Pasterous.com dengan menggunakan email untuk daftar blog. Tapi sebelumnya harus daftar dulu di Posterous,com. Jika tidak daftar maka akan menjadi blog baru. ^_^

Setelah ada posting blog dengan email, ada pula posting blog melalui SMS. Cara seting posting blog melalui SMS atau MMS
  • Login dasbor blog
  • Pilih setelan
  • Pilih Seluler dan email
  • Pilih perangkat selular
  •  Muncul popsreen kode ferivikasi
  • Kirim kode ferivikasi dari ponsel anda ke 256447 untuk sms dan untuk MMS kirim ke go@blogger.com
  • Tunggu sampai blogger menerima SMS atau MMS kamu kemudian tutup popscreen tersebut 
  • Anda sudah bisa meng update postingan melalui MMS atau SMS dengan mengirim ke 256447 atau go@blogger.com
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk semuanya.  Saya selalu teringat oleh ucapan seorang guru saya, bahwa sebuah alat tergantung dari pemakainya, jadi jangan pernah putus asah saat kita tidak memiliki HP pintar seperti adroid atau BB untuk selalu eksis, karena pada waktunya pasti ada jalan untuk kita yang hanya memiliki fasilitas minim. Ayo kita manfaatkan fasilitas yang kita miliki dengan sebaik mungkin, masa depan ada di tangan kita.

7 komentar:

nah gitu dong kasi info yg bikin pembaca blog ikut pintar, di mata google jg dianggap konten unik dan original. happy blogging and keep spirit to write ...

terima kasih atas semangatnya.
akan menjadi pelajaran berharga bagi saya kedepannya.

bru tw aq klo dgn stu kli zmz bza update status fb N twitt.

wow nice, mampir balik n follow back gan