Sabtu, 18 Agustus 2012

ABG SMA, Menjadi harapan

Posted by Haf Sari 09.00, under | 6 comments



ABG SMA merupakan sebuah usia dimana seorang anak sudah di tuntut untuk bisa berfikir yang terbaik. Transisi dari seorang yang berfikir akan kesenangan masa anak-anak menjadi seorang anak yang sudah mulai mengenal dunia dewasa. Mereka harus bisa memilih apa yang memang harus di lakukan untuk masa depan mereka.


ABG SMA Kebanyakan dari mereka lebih cenderung mementingkan keinginannya sendiri. Dalam memilih apa yang mereka inginkan kadang terburu-buru tanpa memikirkan akibat yang di timbulkan. Keluarga bermasalah, lebih cenderung membuat seorang anak ABG SMA terjerumus dalam hal yang buruk.  Ada kecenderungan seorang anak ABG SMA melakukan hal yang buruk selain keluaga berantakan. Beberpa penyebab Anaka ABG SMA berperilaku buruk antara lain:

ABG SMA terpengaruh pergaulan teman, ataupun lingkungan. Bukan rahasia umum bahwa teman dan lingkungan kurang baik dapat membuat seoranga anak memiliki perilaku yang kurang baik pula. Contohnya saja adik aku sendiri, dia ini memiliki kebiasaan berbeda dengan lingkungan di Rumah, dan yang di ceritakan hanyalah tentang teman-temannya. Saat di berikan penjelasan, selalu berkata " temanku ..... seperti itu, itu gaul". 

ABG SMA, terpengaruh gaya hidup Idolanya. Seperti halnya Adikku yang satu ini. Selalu ingin tampil seperti Idolanya tersebut. Adikku ini fanatik akan Korea Style terbaru. Sering melakukan hal-hal yang Idolanya lakukan, misal gaya rambut ingin di potong sasak, Pipi di coret dengan spidol warna berkelip, pakai gelang tali dan lainnya.

ABG SMA sering ingin mendapatkan perhatian lebih. Sebagai anak terakhir dari 3 bersaudara. Adikku sekarang justru kadang menunjukan perilaku yang di luar pemikiran. Menurut pemikiranku, dia ini ingin di perhatikan lebih dari biasanya.

ABG SMA mulai mencintai dan ingin di cintai. Tanda-tanda seorang anak mulai Puber. Dari cara berpenampilan sudah berubah, selalu ingin tampil lebih baik. Kadang mereka juga berpenampilan seperti apa yang di sukai oleh Some onenya. Sesekali si anak mulai bisa berbohong atau ada sesuatu yang di tutup-tutupi kepada orang tuanya sekalipun

ABG SMA jaman sekarang sangat berbeda dengan jaman dahulu. Saat aku masih SMA, sepulang sekolah ke perpus dan di bela-belain jalan kaki jauh untuk mencari warnet atau rental untuk mengerjakan tugas. Tapi adikku, di rumah sudah ada fasilitas itu, tapi cenderung malas untuk belajar, mereka lebih cenderung suka yang instant.Mereka juga lebih suka Facebookan dari pada melakukan hal yang positif seperti belajar. 

Tips bagi orang tua dalam mengawasi situs jejaring sosial anak anda terutama Facebook dan email.
  • ABG SMA butuh pengawasan yang lebih ketat. Sebagai orang tua coba anda untuk mengetahui pasword akun facebook atau emailnya untuk mengawasi pergaulannya. 
  • Untuk menjaga mental atau hal yang tidak di inginkan maka anda harus bijak dalam menyikapi saat kedapatan anak anda dalam situs jejaring sosial tergabung dalam group yang kurang baik atau terdapat teman yang kurang baik pula.
  • Seorang anak, tidak harus mendapatkan sanksi berat atau pengekakngan saat terjadi hal yang kurang baik.
  • Berikan pendekatan dan bertanya sejelas mungkin dengan perlahan mengenai hal tersebut, beriakn penjelasan, berikan contoh atau pertanggung jawaban atas tindakannya jika di perlukan.
  • Awasi Group di Facebook dan lihat apa isi dari Group tersebut. karena saya pernah mendapati adik saya tergabung dalam group ML.
  • Awasi percakapan dalam pesan Facebook. Saya juga pernah mendapati seorang teman adik saya, Inbox saat saya yang login. Karena tidak mau melanjutkan obrolan saya bilang "saya sibuk", tapi anak itu langsung bilang "Sibuk apa, Sibuk nyenok/ jadi PSK ? " . Pastinya sangat terkejut dong, dan langsung berfikir, seperti itukah adikku? oh ternyata tidak...
  • Jangan lupa awasi juga sms di HP. seorang anak SMA pastinya sudah memiliki HP dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Adikku ini sehari bisa mencapai lebih dari 100 sms yang di dapatkan.
  • Awasi anak anda berteman dengan siapa. Untuk teman yang kurang baik, buakn berati anak anda harus membencinya. Tapi arahkan anak anda agar tidak terpengaruh, berikan solusi yang terbaik.

ABG SMA jaman sekarang, terlepas dari hal negatif itu akan tetap menjadi harapan Orang Tua, Agama dan Negara. Dengan kemajuan teknologi di harapkan mereka lebih bisa berfikir kreatif, kritis dan cerdas. Dalam pelajaran anak sma sudah mendapatkan pelajaran tentang dunia kerja nantinya. Masa Sma sudah di tuntut untuk bisa menentukan arah masa depannya. Anak sma juga sudah bisa di ajak untuk ngobrol asik seputar masa depannya sendiri, sehingga sebagai orang tua hanya bisa mengarahkan. Anak SMA juga sudah bisa berpenghasilan ternyata. Banyak loh temanku sesama Blogger yang masih duduk di bangku SMA dan berpenghasilan jutaan. Justru mereka anak-anak muda masih memiliki jiwa kreatifitas tinggi dan masih bisa berkembang lebih baik. Jika aku di bandingkan dengan seorang Blogger SMA, sudah pasti kalah jauh. Anak SMA sekarang sudah pandai koding dengan menyematkan animasi keren. Ide anak SMA lebih fress dan mereka tidak memiliki target untuk mendapatkan penghasilan. Maka dari itu, tulisan anak SMA lebih di harapkan natural dan kreatif.

6 komentar: