Rabu, 29 Agustus 2012

Mercon tikus : Alat pembasmi tikus sawah dari pertanian

Posted by Haf Sari 10.12, under ,, | No comments

Hari senin tanggal 27 Agustus kemarin ada pertemuan 3 kelompok tani dalam rangka penyerahan secara simbolis bantuan pupuk kandang. Dalam kesempatan tersebut salah satu warga bertanya cara mengatasi hama Tikus yang berlebihan satu tahun terakhir pada anggota dewan bidang pertanian tersebut. Dalam kesempatan ini pula anggota dewan bisang pertanian tersebut memperkenalkan sebuah alat pembasmi Tikus terbaru dari pertanian. Beliau menunjukan sebuah alat yang terlihat seperti apa yah aku juga tidak bisa menjelaskan, mungkin di lihat saja gambarnya.
 Sudah lihat kan bentuk mercon tikusnya atau disebut Alat pembasmi hama Tikus. Itu adalah foto Mantri pengairan dan pertanian dari kabupaten Pasuruan yang menjelaskan bagaimana cara memakai alat pembasmi hama tikus ini.

Cara pemakaian Alat pembasmi hama tikus.
  • Sesuai namanya mencon Tikus maka cara pemakaiannya tidak jauh dari Mercon atau Petasan.
  • Nyalakan sumbu dari alat tersebut.
  • Arahkan bagian sumbu berada di bawah ke lubang tikus.
  • Tunggu hingga mercon terlepas dari wadahnya.
  • Setelah mencon terlepas ambil wadah dan tutup lubang dengan tanah.
  • Selesai deh.
Dalam kesempatan tersebut ada kelompok tani yang mengatakan telah mencoba alat tersebut saat sawah masih ada tanamannya. Tetapi tanaman berubah warna menjadi putih keabuan dan mati terkena racun tikus dari alat pembasmi tikus ini. Oleh karena itu pihak pertanian menyarankan untuk memakai alat pembasmi hama tikus saat setelah panen. Mudah bukan menggunakannya, seperti kalau kita mau main petasan.

Catatan : Jangan menyimpan alat ini di rumah sembarangan. Karena bisa saja di ambil anak anda dan di sangka petasan mainan. Hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan anak anda dan orang lain. Sebaiknya membeli saat akan di gunakan agar lebih aman. Ikuti petunjuknya maka anda akan selamat.

0 komentar: