Rabu, 12 Juni 2013

Teliti menerima dokumen kelulusan, kesalahan penulisan

Posted by Haf Sari 10.18, under | No comments

contoh kesalahan penulisan dokumen kelulusan
Teliti menerima dokumen kelulusan, kesalahan penulisan. Sekolah merupakan hal yang sangat penting, bukan hanya untuk mendapatkan pendidikan namun juga berguna saat mencari pekejaan. Semua perusahaan selalu menyertakan foto Copy ijazah pendidikan terakhir di setiap lowongan kerja

Seberapa penting peran ijazah dalam kehidupan? bagi sebagian orang ijazah merupakan hal yang sangat penting. Coba saja kalian fikirkan, jika kita sekolah tidak ada ijazah, bagaimana orang akan percaya bahwa kita telah lulus dengan nilai membanggakan pada jenjang pendidikan. Apalagi jika ijazah tersebut di pakai untuk mendaftar sebagai pegawai negeri, bukan hanya nilai memuaskan tapi harus ijazah asli. Banyak beredar ijazah palsu, maka dari itu kita harus lebih teliti sebelum membawa pulang dokumen kelulusan.

Kesalahan penulisan dokumen kelulusan bisa saja terjadi dan sangat fatal akibatnya. Kesalahan penulisan dokumen kelulusan dapat berakibat fatal. Dokumen kelulusan akan dianggap dokumen palsu. Tidak di terima berkerja baik di perusahaan maupun instansi pemerintah karena dokumen dianggap palsu. kesalahan penulisan dalam dokumen kelulusan juga berakibat ketidak sesuaian dengan dokumen lainnya misal akta. Di ketahui pengurusan ulang dokumen kelulusan sangat sulit dan ribet, apalagi jika kesalahan terjadi sejak jenjang SD, maka pada tingkat selanjutnya akan salah. Kesalahan penulisan dokumen kelulusan yang paling sering terjadi antara lain :

  • Kesalahan huruf penulisan nama orang tua, 
  • huruf dalam nama siswa, 
  • kurang huruf misal nama di akta Dianah sedangkan di ijazah di tulis Diana atau Thoifah di tulis Toifah
  • Kesalahan penulisan tahun di terima dan lulus contoh : di terima di ..pada tanggal 25 juli 2002, lulus tanggal 24 juni 2002. Menurut logika, sekolah dulu baru lulus. jika di cermati dari kesalahan itu lulus dahulu baru sekolah dan jangka waktu cuma 1 bulan.
Itu adalah contoh kesalahan penulisan dokumen kelulusan yang aku ketahui untuk yang lain punya bukti silahkan komentar di kotak komentar di bawah. Ingat pemalsuan dokumen dapat di hukum, jadi jangan biarkan dokumen anda di anggap palsu dan membawa anda kepermasalahan yang rumit misal tidak di terima kerja bahkan ke proses hukum. Saya juga pernah bersama seorang test wawancara dan orang tersebut di permalukan karena ijazah di anggap palsu.

Jika memang anda mendapati dokumen anda ada yang salah penulisan sebaiknya anda segera ke sekolah dan meminta untuk di perbaiki. Sebenarnya yang berwewenang dan bertanggung jawab dalam hal ini adalah pihak sekolah. Insya Allah pihak sekolah akan memperbaiki dan membantu proses perbaikan data di pemerintahan jika itu menyangkut ijazah atau hal yang fatal seperti kurang huruf dalam nama bahkan salah nama, salah penulisan tanggal lahir dan sebagainya.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 komentar: