Jumat, 19 Juli 2013

Buka puasa untukku dan kalian

Posted by Haf Sari 16.56, under | No comments


Arti buka puasa adalah makan dan minum setelah puasa sehari penuh yang di lakukan saat adzan Maghrib berkumandang atau waktu berbuka puasa. Sebagian orang sebelum berbuka puasa melakukan takjil terlebih dahulu. Arti Takjil adalah minum atau makan sedikit untuk membatalkan puasa. Sebagian orang saat adzan Maghrib melakukan takjil untuk membatalkan puasa yang di lanjutkan dengan sholat maghrib berjama'ah dan dilanjutkan dengan berbuka puasa yaitu makan nasi atau yang mengenyangkan.

Buka bersama ada beberapa macam antara lain Buka bersama dengan saudara, keluarga, teman atau orang yang tidak mampu. Tapi inti dari buka bersama adalah memper erat tali silaturahmi. Buka bersama dengan saudara maka akan memper erat rasa persaudaraan. Dengan keluarga besar maka akan memper erat tali kekeluargaan. Dengan teman maka akan memper erat tali persahabatan. Dengan orang yang tidak mampu maka kita akan memper erat ketaqwaan kita kepada ALLAH yang telah memberikan rezeky yang cukup untuk berbagi. 

Mungkin kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya buka bersama merupakan obat setres dan galau paling ampuh. Dengan buka bersama kita dapat bertemu dengan orang lain, saudara, teman dan bercanda bersama. Dengan acara buka bersama kita juga dapat memanfaatkannya dengan sharing pengalaman maupun ilmu. Setidaknya kita dapat mengundang seseorang yang kita anggap lebih tahu atas permasalahan kita. 

Buat anak muda yang lagi galau karena gak bisa kencan karena lagi puasa, bisa juga mengadakan acara buka bersama dengan keluarga. Selain untuk memperkenalkan kepada keluarga juga untuk meng eratkan tali silaturahmi. Tidak semua orang bisa berkumpul dengan saudara ataupun keluarga karena kesibukannya, oleh karena itu buka bersama itulah solusinya untuk mengumpulkan keluarga. Buka puasa bersama adalah Buka puasa untukku dan kalian. Kenapa disebut buka puasa untukku dan kalian? karena dengan berbuka puasa bersama kita akan makan bersama-sama, di waktu yang sama, tempat yang sama dan hidangan yang sama. 

Lebih besar lagi manfaat jika buka bersama dengan anak yatim ataupun anak jalanan. Dengan keterbatasan mereka, pastinya mereka akan merasa senang berbuka dengan menu istimewa yang biasa kita makan. Secara tidak langsung saat kita melihat kebahagiaan tersebut, kita akan merasa sangat bahagia dan membuat kita ketagihan mengadakan acara yang sama. Kita akan mendapatkan keberkahan atas rezeky yang kita dapatkan. Dan masih banyak lagi, kalau bukan kita, siapa lagi?



0 komentar: