Jumat, 25 Desember 2015

Tips memilih warna benang jahit sarung

Posted by Haf Sari 17.54, under | 1 comment

Hai sobat, kali ini aku mau menceritakan bahwa menjahit sarung tidak semuda apa yang kalian pikirkan. Menjahit sarung bukan hanya asal jahit lurus. Menjahit sarung ada banyak sekali ketentuan misalkan saja jarak jahitan, jarak langka jahitan, motif sampai warna benang yang di gunakan apalagi untuk sarung BEHAESTEX setiap jenis sarung ketentuan jahit berbeda, hingga cara lipatnya juga berbeda. itu sebabnya kalau sarung BEHAESTEX di sebut sebagai merek sarung yang mengandalkan kwalitas. Pada label ini aku akan menjelaskan satu persatu hal yang harus di perhatikan dalam menjahit sarung di mulai dari warna benang.

Setiap menjahit kita harus memperhatikan warna dari kain yang akan di jahit. Menjahit kain dengan warna yang sama itu lebih mudah. Untuk menjahit kain yang memiliki warna atau motif yamg kontras seperti warna sarung motif kotak harus di pilih warna yang paling dominan atau warna yang hampir mirip dengan dua warna kotak.

Untuk memilih warna benang untuk sarung bermotif lebih dari dua maka di pilih warna paling dominan. Yang paling sulit adalah motif sarung yang tidak sama kanan dan kiri, motif ini teman - teman biasa menyebut dengan sarung selingku. Sarung selingku memiliki 4 warna yang berbeda, misalkan saja kiri atas merah gelap, kiri bawah merah terang, kanan atas hijau gelap dan kanan bawah hijau terang.

Untuk mengatasi hal ini kamu harus menentukan dahulu bagian sarung bagian luar dan dalam. Menentukan bagian luar dan dalam akan aku bahas di artikel lainnya. Bagian luar harus di jahit dulu. Tentukan warna benang yang akan di gunakan merah atau hijau.  jika memilih warna Hijau maka kamu harus memegang ujung sarung warna hijau di tangan kanan dengan bagian luar berada di atas begitu pula sebaliknya. Untuk menjahit bagian dalam tidak perlu mengganti benang, lanjutkan saja menjahit seperti biasanya.

Penggunaan warna Hijau pada sarung berwarna merah itu sangat kontras namun hal itu tidak di anggap sebagai masalah. Karena saat sarung di pakai yang terlihat jahitan bagian luar, yang di dalam tidak kelihatan. Jadi bagi yang memakai sarung juga harus di perhatikan bahwa sarung juga memiliki sisi luar dan sisi dalam. Sarung memang memiliki motif yang sama dalam dan luar, tapi lihat hasil jahitannya untuk memakainya. yang di luar pasti lebih bagus dan lebih teratur motifnya.

sekian dulu sobat, nantikan tips lainnya

1 komentar: