Jumat, 01 Januari 2016

motif lilin

Posted by Haf Sari 14.30, under | No comments







Eh ketemu lagi di tema menjahit sarung. Kali ini aku akan membahas menjahit motif lilin. Motif lilin adalah salah satu it sarung yang berupa garis lurus baik satu garis maupun lebih. Menjahit lurus bukan hal yang mudah di lakukan apalagi jika harus mengikuti motif.
Walaupun motifnya hanya berupa garis lurus tapi buat kamu yang belum pernah jahit sarung, itu sulit.
Titik tersulit dari menjahit dengan motif lilin adalah keseimbangan. Keseimbangan antara tangan kiri dan kanan. Bisa di bayangkan jika tidak seimbang maka hasil akan panjang sebelah. Coba deh kamu mempraktekannya, bagaimana menjahit menggabungkan dua sisi dengan motif lurus dan hasilnya harus lurus.
Menjahit motif lilin itu menggabungkan dua motif d dua sisi menjadi satu seperti pada gambar. Menjahit motif lilin lebih sulitbdengan motif kotak. Karena motif kotak jika tidak seimbang akan terlihat dari awal jahit dengan tidak lurusnya garis sisi kiri dan kanan. Sedangkan motif lilin akan terlihat jika tidak seimbang ketika telah sampai pada ujung atau akhir jahitan yaitu panjang sebelah. Sudah jelaskan bagaimana menjahit sarung dengan motif lilin?
Semoga Allah memberi kesempatan padaku untuk postingan selanjutnya.
Tips menjahit motif lilin bagi yang awam  antara lain
Pastikan ujung awal jahitan lurus
Pastikan motif bawa tertutup rapi dengan motif atas .
Pastikan motif awal jahitan hingga akhir sama.
Pastikan jahitan selalu seimbang kanan dan kiri dengan sesekali mengukur panjang kedua sisi.
Jika di tengah jahitan tidak sama sedikit maka boleh d tarik sedikit pagian yang terpendek hingga lurus pada akhirnya.
Tapi perlu di ingat jika selisihnya terlalu panjang sebaiknya di ulang dari awal. Karena hal itu akan membuat sangat sulit menjahit bagian dalam dengan rapi.
Baiklah sobat sampai jumpa pada topik selanjutnya pada menjahit sarung.

0 komentar: