Kamis, 02 Maret 2017

banjir dusun mojo pandaan

Posted by Haf Sari 19.45, under , | No comments


akibat banjir jalanan berlubang
senin, 27 februari 2017 terjadi banjir dusun mojo pandaan. banjir besar kembali melanda dusun mojo pandaan setelah banjir besar melanda hari rabu sebelas januari kemarin. bencana banjir yang membawa sebagian harta dan meninggalkan trauma bagi warga. kerusakan baik jalan maupun rumah. Banjir membuat jalan berlubang hingga 1 meter di tengah dusun Mojo. Belum lagi banjir pertama telah merobohkan rumah dan membawa harta benda warga di dekat sungai. Kerusakan baru saja selesai di perbaiki ternyata banjir datang kembali padahal di tepi sungai sudah di beri tumpukan pasir yang di bungkus karung.

banjir besar yang melanda bukanlah tanpa sebab. bagaimana tidak terjadi banjir saat hujan turun?

banjir terjadi setelah penggusuran bangunan warga untuk pelebaran jalan. pembongkaran yang tidak di iringi dengan pembersihan puing-puing bangunan inilah yang menyebabkan banjir. material bangunan yang di gusur masuk sungai sehingga sungai yang menampung luberan air dari sungai besar dangkal. setelah banjir rabu, 11 januari 2017  lalu sungai di keruk dengan alat berat namun di sayangkan hasil pengerukan tidak disingkirkan. hasil pengerukan di biarkan di tepi sungai sehingga kembali masuk sungai terkena air hujan.

Seperti yang di keluhkan Pak Pi'i salah satu pemilik toko kelontong di dusun : mojo " belum balik modal dagangan setelah terkena banjir pertama, sekarang sudah terkena banjir lagi ".
Bukan hanya pemilik toko tapi warga lainpun mengeluhkan banjir yang datang dua bulan terakhir ini. Tahun-tahun sebelumnya tidak pernah terjadi. Sebelumnya di tepi sungai berjajar bangunan warga untuk berjualan, setelah penggusuran tidak ada lagi yang menghalangi air dari sungai masuk desa. Ibu-ibu rumah tangga mengeluh " belum juga hilang capek bersih-bersih rumah dan prabot setelah banjir pertama, sudah banjir lagi".

selama sungai dangkal ancaman banjir tidak akan pernah hilang. bukan hanya karena penggusuran dangkalnya sungai juga karena sbagian besar penduduk uang sampah ke sungai. sungai menjadi tempat sampah yang luas dan gratis. PR untuk Bapak Camat Pandaan mengenai Sungai sebagai tempat buang sampah mengingat Pandaan kota percontohan.

0 komentar: