Minggu, 22 Oktober 2017

AC nyaman dan hemat energi

Posted by Haf Sari 20.56, under | No comments

Pagi itu aku ke kantor polisi Kecamatan : Prigen meminta surat kehilangan, tidak lama datang seorang pria paruh baya masuk dengan niat yang sama. Pria tersebut berkata : Pak di sini sekarang pakai AC ya pak kepada pak Polisi yang bertugas. Pak Polisi : iya, sekarang daerah Prigen sudah sangat panas, sangat berbeda dengan dahulu. Akupun tidak tahu bahwa ruangan itu berAC, bukan dingin alami. Berbeda dengan 5 tahun yang lalu saat aku meminta SKCK (surat keterangan catatan kepolisian , dari Kecamatan Pandaan, mulai memasuki daerah Prigen sudah terasa udara sejuk dan suhu dingin. 

Apa penyebab suhu udara suatu daerah dari tahun ke tahun semakin panas ?

Penyebabnya adalah penipisan lapisan Ozon di amgkasa, yang kita semua ketahui bahwa OZON menyerap radiasi sinar matahari (  uv ) sehingga suhu udara di bumi tetap stabil dan melindungi bumi dari benda lagit yang jatuh. Akibat dari menipisnya lapisan OZON sudah sangat kita rasakan salah satunya adalah terik matahari yang semakin tahun semakin panas baik di ruang terbuka maupun dalam ruangan. Meningkatnya suhu udara dalam ruangan menyebabkan semakin banyaknya perkantoran baik pemerintah maupun suasta, perusahaan hingga sekolah menggunakan AC.

Padahal  AC menghasilkan ZAT Chlorofluorocarbon atau CFC yang merupakan salah satu ZAT penyebab kerusakan lapisan OZON. Intinya semakin banyak perkantoran baik swasta maupun kantor pemerintahan, perusahaan, pusat pembelanjaan yang menggunakan AC maka akan semakin banyak Zat perusak OZON yang di hasilkan. Akibatnya semakin capat lapisan OZON rusak dan akan semakin panas serta akan semakin banyak lagi pengguna AC karena yang biasa hanya menggunakan kipas angin karena suhu udara yang semakin panas maka akan beralih menggunakan AC yang lebih dingin di bandingkan kipas angin.

Rumahku istanaku, Siapa yang tidak mau memiliki rumah yang sejuk dan nyaman seperti tinggal di pegunungan.Dan banyak cara untuk mewujudkan memiliki tempat tinggal yang nyaman dan sejuk diantaranya memiliki kebun di rumah  Tetapi pada kenyataannya harga tanah saat ini sangatlah mahal sehingga rata-rata rumah memiliki halaman yang kecil terutama pada rumah di perumahan atau tanah kavling. Solusi lain untuk menciptakan suasana nyaman dan sejuk di rumah dengan biaya ringan adalah penggunaan AC. Penggunaan AC saat ini merupakan solusi paling efektif untuk menciptakan suasana nyaman dan sejuk di dalam rumah ataupun tempat kerja.

Dari kenyataan bahwa panasnya suhu udara dalam ruangan di karenakan Ozon menipis sehingga tidak dapat lagi menyerap lebih banyak sinar UV dan tidak lagi bisa menstabilkan suhu udara bumi. Sehingga pertambahan pengguna AC juga meningkat dengan pesat dan hal ini seakan tidak ada jalan keluar untuk melindungi OZON dari kerusakan yang semakin parah.

Pada akhirnya di temukan sebuah Freon yang menghasilkan zat perusak OZON lebih sedikit dan lebih dingin dari Freon yang biasa digunakan. Freon tersebut dinamakan Freon R32 yang ditemukan oleh Daikin Jepang pada tahun 2012, dan mulai digunakan di line up AC mereka mulai tahun 2013. Teknologi Inverter pun sebenernya ditemukan oleh Daikin dan di-lisensi agar dapat digunakan ke semua merk AC di dunia.


Jenis Freon ODP GWP Cooling Index                   Flammability
R22                0.05    1810               100                    TIDAK
R410A            0         2090               92                    TIDAK
R32                 0         675                       160                    RENDAH
R290               0         Kurang dari 3       83                    TINGGI
pemanasan global akibat freon AC

Dari tabel di atas semakin yakin Kalau AC ya Daikin pilihannya
AC hemat Energi 30%
Tidak di ragukan lagi AC Daikin menggunakan Freon R32 memiliki potensi perusakan Ozon 0. AC Daikin Freon R32  memiliki potensi pemanasan global jauh lebih rendah dari freon R22 dan R410A. AC Daikin R32 cooling index lebih tinggi di banding jenis freon lainnya sehingga dapat mengkonsumsi listrik lebih renda sehingga hemat energi listrik 30% dari tipe lain. Yang terakhir AC Daikin freon R32 memiliki tingkat resiko terbakar rendah dari pada R290. " Hanya Daikin pilihannya untuk AC nyaman dan Hemat Energi dengan menggunakan freon yang lebih banyak keunggulannya. Terima kasih Daikin dengan di temukannya freon R32 Daikin telah mengurangi resiko perusakan OZON, mencegah tingkat pemanasan global yang tidak terkendali dengan di tandai musim yang tidak menentu, Menggunakan freon yang memiliki index dingin lebih besar sehingga lebih hemat energi. Freon memiliki tingkat kebakaran lebih sedikit.

Sedikit gambaran selain beberapa keuntungan menggunakan AC Daikin seperti hemat listrik, lebih cepat dingin, ramah lingkungan juga AC daikin di lengkapi dengan sistem pemurnian udara sehingga udara dalam ruangan tetap segar tanpa bakteri penyebab penyakit. Permurnian Udara dalam ruangan dengan AC Daikin yaitu 7 M per menit
sistem AC melawan bakteri, virus dan jamur
waktu ac memurnikan udara

Sistem AC memurnikan udara
Daikin telah menemukan solusi perusakan OZON dam pemanasan global, selanjutnya terserah kita masing-masing. Dari beberapa keunggulan mengganti AC dengan Freon ber  R22 baik di rumah, kantor dan pebrik.dengan AC Daiin freon R32. Selain kelebihan ac DAIKIN selain banyak keuntungan bagi konsumen dan lingkungan modelnya juga bagus. AC DAIKIN terbagi dalam 3 kategori yaitu Recidential ( rumah ), Comercial ( kantor ) dan perusahaan ( industrial). Tinggal pilih dan langsung memberikannya


0 komentar: