Senin, 23 April 2012

Dibalik Kopdar Outdoor Surabaya

Posted by Perumahan asri 19.45, under , | 10 comments

Kopdar outdoor surabaya yang digelar oleh sebuah komunitas blogger baru-baru ini begitu menyenangkan. Sebuah pencitraan yang berbeda dari kata kopdar buatku. Selama ini Kopdar yang aku hadiri adalah disebuah gedung, dengan banyak orang dan beberapa pembicara. Dipandu oleh seorang MC yang dibahas adalah soal Sosmed. Setiap apapun didunia ini ada kelebihan ataupun kekurangan. Aku selalu mengambil hikmah dari semua itu, pelajaran, ilmu dan pengalaman tidak dapat dibeli dengan uang namun dengan waktu.

Perjalanan kesurabaya begitu banyak yang aku ambil hikmah dan pelajarannya. Sebenarnya ingin berbagi dengan semuanya dengan didukung pengabadian dari sebuah kamera kecil. Namun Allah berkendak lain sehingga foto-foto itu hilang dalam hitungan detik. Tapi aku tidak putus asa dan akan membagi pengalaman ini kepada sahabat thimit semua.

Arti dari Kopdar itu sendiri adalah pertemuan dan berjabat tangan. Aku bukan seorang yang sempurna dan aku juga bukan seorang yang memiliki kelebihan, Aku tidak dapat melihat apapun disana, namun kadangkala fikiran dan hatiku bersebrangan. Disebuah kopdar yang begitu hangat dan akrab ini aku menceritakan tentang blog thimits dan sejarah mengapa dinamakan thimits. Sebuah blog yang isinya gado-gado dan diawali dengan sekedar coba-coba dan ingin tahu. Sebuah blog yang dalam perjalannya kebetulan di terima oleh sebuah Ads besar dan luar biasa. Sebuah kuasa Allah yang maha besar dan tiada duanya akhirnya ads Idblognetwork ini membawaku kenal dengan banyak orang, dengan program tahunannya Kopdar Nusantara.

Awalnya baca alamat kopdar sudah mengira bahwa ini kopdar berbeda sekali. AKu sebenarnya sehari sebelum ikut kopdar dilanda dilema karena mendapatkan SMS dari temanku hari minggu masuk kerja. Seminggu telah diliburkan kerja, hari ini hari pertama kerja dan hari senin belum tentu masuk kerja sedangkan aku sudah keburu janji untuk datang. Oke deh aku datang saja toh janji itu dibawa mati. Akhirnya pagi hari langsung bersiap untuk berangkat, alhamdulillah Porong, tepatnya Lumpur Lapindo tidak macet setelah jalan Tol diresmikan.

Kopdar kali ini sangat berbeda, dan menuntutku untuk tampil sangat berbeda dengan biasanya. Sebenarnya aku orangnya pendiam "klo tidur", pemalu "klo kepepet", tapi serius pada kopdar-kopdar sebelumnya aku emang diem doang dan mendengarkan wejangan dari pembicara. Saat sampai dilokasi dan bertemu dengan mas Mridwan, mas Insan dan satu teman lainnya. Dalam benakku langsung mikir "Kopdar dengan 4 orang termasuk aku". Langsung berfikir untuk berubah 180 derajat, dengan asumsi jika aku diam saja pastinya yang lain juga diam. Dengan agak gemetaran dan wajah kayak merah banget "karena aku item jadi gak keliatan, alhamdulillah" bergaya enjoy SKSD. Akhirnya mas Mridwan memutuskan untuk pindah tempat biar bisa lesehan dan berkumpul dengan nyaman. Oke aku ikutin saja sambil ngomong, nanya-nanya yang aku sendiri gak tahu yang aku tanyakan dan omongin, Jawabanya juga udah gak ngeh deh.

Jujur saja aku orangnya cuek "kayak bebek" tapi klo suru ngobrol dengan orang yang baru aku kenal kayaknya sulit. Apalagi ceweknya aku sendirian jadi makin gimana gitu..

Nah..kopdar dibuka oleh Mas Insan dan dimulai dengan penjabaran mengenai blognya mas Insan. Aku sebenarnya ingin banget belajar banyak tentang ngeblog, walaupun blognya gak ada iklan ads tapi dari tampilan blognya sudah terlihat keahliannya dalam ngeblog. Namun karena yah..itu tadi. Aku bukan seseorang yang langsung bisa membaur, lebih mudah kalau secara online yah tak dengerin saja ilmu yang beliau berikan. Setelah mendengarkan penjabaran dari Mas Insan saatnya memberikan masukan dan kritikan, klo yang ini bukan keahlianku..blogku aja masih banyak yang perlu dibenahi, sayang gak bisa. Memang sih blognya mas Insan itu gak ada yang perlu dirubah, sudah sangat bagus kok, postingannya juga membangun.

Sekarang waktunya mas Mridwan menjelaskan blognya. Mas Mridwan..gimana yach??beliau juga menceritakan tentang perjalannanya ngeblog. Tidak disangka sebelum blognya yang sekarang masih ada satu lagi dengan nama bahasa asing. Keren banget loh namanya yaitu klo gak salah ingat "La Santa" dalam bahasa sepanyol yang berarti "Suci". Penasaran sekali lihat blognya namun sayang aku lupa alamatnya. Pakai apa yach? klo pakai blogspot kok gak ada dipencarian. Dari blognya sekarang saja jika di baca perpostingan sudah tidak diragukan lagi kemampuan menulis beliau. Bukan hanya kemampuan menulis namun juga ide kratifnya membuat postingan juga jempol dua.

Yang ketiga adalah mas satu ini, lupa namanya #gubrak
Sebelumnya gak tahu sama sekali dengan mas yang satu ini. wah kalau dilihat sih sebenarnya aku pantasnya manggil adek saja. Tapi berhubung gak kenal, jadi panggil mas aja deh yach?
Gak ada koment sama sekali karena sebelumnya tidak tahu blognya. Tapi menurut mas Mridwan dan mas Insan bagus banget.. Bikin penasaran saja nie lihatnya. Gak perlu lama-lama nunggu langsung saja ke TKP. Tanya mbah dukun Google "mbah tunjukin dong yang namanya danonim". Mbah googlepun mulai muter-muter tuh dan bertanya "danonim kan?" aku menjawab "iya mbah", akhirnya ketemu dengan sebuah blog. Loh mbah kok bukan "danonim? aku nanyanya danonim" mbah mulai bingung. Aku berkata "oke deh mbah karena gak ketemu, jadi gak usah bayar. terima kasih"...????


Tapi sebenarnya udah tak liat-liat tuh blog, kayaknya emang bener itu danonim. Postingannya jempol semua. Followernya aja 154 loh..keren nie blog. Tahu gak sebenarnya tadi aku udah tahu kalau emang itu blog danonim, pas lihat 8 award yang diperoleh, paling bawah ada tuh namanya danonim. Blog yang menyajikan sebuah puisi-puisi pendek dengan makna yang dalam.

Ternyata memang tiga orang yang aku temui dalam kopdar Outdoor Surabaya itu orang yang luar biasa. Sebenarnya saat mengikuti Kopdar tersebut setengah jiwaku berada ditempat lain. Dalam perjalanan dekat lokasi aku melihat anak kecil mengorek sampah tanpa alat pengaman sama sekali. Kopdar usai dan aku minta yang lain pulang duluan, aku menyusuri kembali ketempat itu.

Astaghfirullah.. keselamatan kerja pengais sampah

10 komentar:

baca posting ini, aku senyum senyum sendiri. penyampaiannya yang lugas dan terkesan bernada lucu itu yang bikin aku gak bisa nahan senyuman.....

gigiigigiigigigiigig...

yok kapan kapan diulang lagi...

mas Mridwan@makasih yah..hehehe

insya allah, tp gak janji..masih memiliki janji yg lebih gede. gtw dapat uang dr mana..ckckckk

senada dengan kang Ridwan, postingannya lugas dan lucu, mungkin inilah karakter Hafsari, ada yang perlu dikoreksi dari postingan ini, nama blognya kang Ridwan yg satu namanya Laranta, sedangkn nama peserta satunya Budiman As'ady atau nama penanya d'anonim.

oke sukses ya hafsari

wah maksaih mas Insan koreksi dan kunjungannya.

hehe... ~_~

Salam kenal mbak Hafsari,

sebenarnya gak pakek nama asli, coz mempengaruhi hasil search google :D

hehheh
d'anonim makasi kunjungannya
salam kenal juga
sip..kan bukan nama asli tuh..

wah... selamat ya Sari bisa ikutan Kopdar, makasih sudah bagi-bagi cerita sangat menarik apalagi saya blm pernah ikutan acara yg namanya KOPDAR...
Btw, aku mau tanya, kalo ga salah di bahasa jawa kata "Mas" itu sebutan untuk semua pria yg umurnya diatas kita dan dibawah kita bukan? kalo diatas berarti Kang Mas...., kalo dibawah kita berarti "Dimas" betul enggak?

Terima kasih mas..
benar sekali apa yang kang dede katakan. untuk memanggil seseorang yang lebih muda itu adik atau dimas. tapi sepertinya untuk menghormati seseorang yang baru saya kenal wajar saja saya memanggil mas, toh juga usianya tidak terpaut terlalu jauh. kecuali beda jauh, baru langsung panggil adek..heheh

Hehe,
Kunjungan pertama ke blognya Mbak Haf Sari..

Panjang sih, tapi gak bosan bacanya.
kayak dengerin Mbak Haf ngomong, anis bayangkan dengan logat Jawa yang medhok..

bener ga? Salam Hangat :D

terima kasih anis
berati aku banyak omong dong..
medhok yach??..
aku kok gak ngerasa medhok?