Kamis, 19 Juli 2012

Blog Komunitas blogger Pasuruan

Posted by Perumahan asri 22.41, under , | 3 comments

 Akankah gambar di atas akan terpasang di Pasuruan

Mulai dari mana yah? aku sedikit bingung untuk memulainya. Sebuah komunitas, bukan sekedar membentuk dan kemudian dibiarkan. Sebuah komunitas untukku adalah sebuah kumpulan yang harus selalu ada pembaharuan, baik itu tindakan atau sekedar kumpul-kumpul. Komunitas juga harus memiliki sebuah nilai tambah untuk masyarakat sekitar.
Siapa juga yang tidak mau daerahnya memiliki komunitas Blogger yang dapat dimintai pendapat atau sharing ilmu. Lebih baik dua dari pada satu dan lebih baik banyak dari pada dua. kadang aku malah ngiri, kalau sedang berkunjung ke daerah lain utnuk menghadiri sebuah kopdar Blogger. Aku kadang bertanya pada diriku sendiri, kenapa mereka seperti itu tapi di daerahku tidak?.
Apasih yang aku telah lakukan untuk membuat komunitas blogger?
Sebenarnya tidak ada yang aku lakukan. Aku sempat mau menggandeng sebuah komunitas yang telah tergabung cukup lama di daerahku. Sebuah komunitas yang terbentuk karena sebuah hobi facebook. Minggu lalu telah merayakan ulang tahun ketiga dan acaranya cukup meriah. Mereka suka Facebook dan suka ngumpul serta sharing, tapi ngangapa mereka tidak suka ngeblog?

Beberapa kali aku ketempat Basecamp komunitas tersebut, sekedar berkunjung dan ngobrol. Ketua komunitas di selah-selah pembicaraan tersebut berkata, saya tidak tahu mengapa teman-teman tidak suka ngeblog, padahal saya juga sudah mengajarkan ngeblog pada mereka. Mungkin karena hobi, tidak selalu memiliki ide, kesibukan, selalu berfikir, mau nulis apa? dan lainnya.

Jika kalian bertanya padaku, harus nulis apa? 
Aku akan menjawab, ngeblog gak perlu ribet. Cara memulai ngeblog dan membuat isi blog
  • Coba deh kamu mulai dengan cerita biasa saja. Isi postingan blog juga tidak harus panjang, coba jika status di Facebook dimuat di Blog. Mungkin sedikit konyol, tapi hanya untuk permulaan. 
  • Satu cara lagi yang lain adalah menuangkan keluh kesah pada blog, misal ide gagasan atau apalah yang ada di fikiran dalam blog. Aku juga mengakui ngeblog juga ada kode etiknya tapi sebenarnya itu sama saja dengan saat kita ngomong. 
  • Coba kamu menceritakan tentang foto, banyak blog yang isinya cuma foto dan sedikit keterangan. Jangan salah, blog cara ini juga perlu seni.
 Sebenarnya bukan hanya pada sebuah komunitas aku melakukan pengamatan, mengapa kesenangan ngeblog sangat rendah di daerahku. Alasan teman serta orang sekitar adalah tidak memiliki alat. Yah, bolehlah. Tapi sekarang sudah ada mobile bloging. Ngeblog bisa langsung dari HP yang bukan merupakan HP adroid atau HP pintar lainnya. Cara posting blog dari HP adalah dengan mengirimkan email yang di tujukan kepada post@posterous.com. Tapi ada sesuatu yang mengganjal jika aku membahas hal ini, karena HPku sendiri hanya bisa di gunakan untuk SMS dan telfon saja. Tapi ada sebuah solusi dengan mobile Bloging yaitu posting melalui MMS dan SMS. Cara posting menggunakan MMS atau SMS adalah dengan mengatur setinagn pada blog, kemudian mendaftarkan nomor ponsel kita. Cukup mudah dan ngeblog gak perlu modal besar, asalkan ada kemauan untuk berusaha.

Sebenarnya kendala lain dalam membentuk sebuah komunitas blogger di kawasan Pasuruan adalah sebuah kemauan untuk maju kurang. Mereka selalu berfikir, apa hasil dari sesuatu yang mereka kerjakan? tapi yah sudahlah tidak perlu di bahas mengenai orang lain. Tapi hal ini justru aku juga memiliki kendala untuk mengajak saudara-saudaraku ngeblog. Pertanyaan yang muncul adalah kenapa kok sulit padahal kamu sudah ngeblog dan pastinya ada alatnya? Mungki jawabanya adalah kebiasaan. 

Kakak ku seorang guru sekolah dasar, walaupun masih sukwan. Memang dari kecil memang cita-citanya menjadi guru, lain denganku yang sejak kecil tidak memiliki cita-cita. Beliau selain menjadi guru sukwan, juag diberi tugas untuk mengerjakan laporan dana BOS dan lainnya. Beliau mengaku tidak ada waktu untuk sekedar ngeblog. Baiklah, bagaimana dengan hari libur? ngeblog tidak harus setiap hariu, jika mampu sehari membuat 5 postingan maka kita jadwal publikasinya misal dua hari sekali publish. Cara menjadwal publikasi postingan, pada dasbor blog saat membuat tulisan di sebelah kanan terdapat tulisan Jadwal. Pilih tulisan tersebut, centang setel tanggal dan waktu. Pilih tanggal dan waktunya dan kemudian pilih selesai. Terakhur setelah postingan siap di publish pada waktu yang di tentukan, pilih Publikasikan, maka secara otomatis pada dasbor entri, akan terdapat tulisan Terjadwal. Alasan berikutnya adalah tidak bisa mengarang atai bercerita. Sudah berkali-kali di jelaskan tidak perlu panjang dan tidak perlu bercerita yang terlalu ribet, tentang kehidupan sehari-hari juga tidak ada yang melarang, tapi tetap saja tidak jalan.

Kita tinggalkan kakak yang memang sibuk dan sulit untuk di ajak ngeblog. Beralih membujuk adik untuk ikut ngeblog. Adikku masih kelas 2 SMP untuk saat ini. Adikku sedikit sombong, jika di ajak ngeblog selalu bilang "alah ngeblog aja apa, kecil" tapi saat saya suru dia posting pada sebuah blog yang saya buat memang untuk dia, selalu berkata " tenang saja, aku bakalan buat yang bagus dan keren, sekarang tinggalin saja". Tapi sesaat kemudian, dia belum menulis satu katapun dan akhirnya sampai sekarang tidak ngeblog. Malas sekali aku mengajak seperti itu. Jika di ajari selalu bilang, itu mah mudah, tapi kenyataannya tidak bisa.

Intinya ngeblog emang tidak mudah, pernah suatu ketika ada yang inbox, berkata "aku mau beli postingan kamu tentang wisata dong". Saat itu aku baru menggunakan anti klik kanan permanen. Sebuah alasan mengguankan klik kanan adalah ada beberapa postingan yang di copas 100% tanpa mencantumkan sumber ataupun link. Anehnya si copas berada di halaman pertama sedangkan aku mental jauh entah tersesat di mana. Kenapa tidak di tegor atau di laporkan saja? Sudah aku tegor dan aku kirim pesan serta koment di blog tersebut. Salah satu pelaku beralasan bahwa blog itu dibuat adalah tugas sekolah. Orang kedua justru cuwek bebek tanpa menghiraukan, dan malahan memblokir atau memutuskan pertemanan di Facebook. Kalau di suru melapor ke Google atau kemanapun, aku orangnya gak tegaan, kali aja waktu itu lagi hilaf. Solusi terbaik adalah membuat anti klik kanan.

3 komentar:

salam bloger Pasuruan
Mari jabat erat tali persahabatan ini
dengan klik dan kritik

Pasuruan Komunity

Template blog Komunitas sobat bagus dan indah... artikelnya OK banget
klo dak keberatan mari tukar link
Visit blog aku, disana uda tersedia scriptnya tinggal Klik Select All COPAS aja, klo uda pasang tinggal konfermasi
lewat post komentar di halaman Tukar link, dan akan aku Full Back Blog sobat,

sama2 sobat mari kita bangun komunitas blog anak pasuruan

Good Luck.... semoga komunitas ini mampu membangun persahabatan para BLOGGER PASURUAN yang belum memiliki wadah.