Jumat, 20 Januari 2012

Bagaimana Internet membuat saya selalu eksis

Posted by Perumahan asri 17.32, under ,, | 11 comments


Berawal dari sebuah keterbatasan, kesejukan sebuah desa. Mulai suka internet sejak lama, namun ketidak tersediaan fasilitas komputer membuat saya jarang menggunakan internet. Awalnya Internetan kalau memiliki uang lebih dan waktu senggang. Kadang seminggu sekali bahkan sebulan sekali. Sebuah kehidupan yang menggantungkan hasil dari bertani dan bekerja diperusahaan rumahan yang tidak pasti. Namun semuanya berubah setelah saya kenal lebih dalam dengan Internet. Akhirnya memiliki komputer dan bisa Internetan setiap hari. Bisa dibayangkan sebuah usaha yang benar-benar dari Nol. Sebuah desa kecil diujung Pasuruan tepatnya di dusun : Wilo dengan dinginnya suasana pegunungan welirang, tidak membuat saya putus asah dan terus berusaha. Memiliki komputer rakitan, untuk internetpun hanya bisa menggunakan antena. Pada akhirnya Internet membuat saya sedikit berubah. Perubahan apa itu dan bagaimana?

Bagaimana Internet telah membuat saya setiap hari selalu eksis dalam status 693 teman saya seluruh nusantara. Paling tidak saya setiap hari selalu berkomentar ataupun like saja. Sharingpun kadang dilakukan melalui chat di facebook mulai dari masalah blog sampai curhat.Dengan facebook saya juga bisa mengetahui keadaan didaerah seluruh nusantara dari status teman saya, misal tadi pagi mbak Fatmawati tinggal di Malang menulis status "pagi-pagi sudah hujan", dari situ saya mengetahui bahwa pagi itu dimalang sedang hujan. Internet membuat saya berteman dengan orang seluruh nusantara buktinya bisa dicek langsung di facebook kebenaran data ini: Mbak Rahmah dari palangkaraya (maros), Gempur Abdul Ghofur (surabaya), Budi Harjo (solo), Leni Marline Lase (yogyakarta), Sanjaya Yasin (Mataram), Sandi Prayoga (Bandar Lampung), Mubarika Damayanti (Jakarta) dan lainnya. Bukan hanya daerah yang berbeda namun profesinya juga berbeda. Internet membuat saya eksis dengan berbagai profesi teman saya antara lain: Harmawan Iryanto (Owner di CV.DEMPO PUTRA PERKASA), mbak Rahma (Lecturer di Universitas Palangkaraya), Lani marlin Lase (Bekerja di Penerbit Andi), Dinda dewi (pemilik toko online barang bekas) dan lainnya


Bagaimana dengan Twitter? anda tahukah dengan sebuah jejaring sosial yang satu ini. Sebuah jejaring sosial yang hanya terdiri dari kata-kata saja tanpa bisa disisipkan gambar atau apapun. Tulisan setatuspun terbatas sekali nulis hanya terdiri dari maksimal 140 huruf termasuk sepasi dan enter. Status atau bisa disebut yang kita tulis disebut Tweet. Setiap akun twitter memiliki simbol "@" didepannya misal milikku @thimitcimut dan teman disebut Follower namun disini bisa saja yang kita follow tidak follow juga, namun kita bisa mendapatkan update tweetnya setiap hari. Twitter juga tidak kalah dengan Facebook , dengan ciri yang unik mampu membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Dengan internet saya bisa saling follow dengan 108 teman. Ditwitter saya juga memiliki follower dari berbagai daerah dan membuat saya eksis didaerah mereka contoh saja mbak @moilsmiy dari semarang yang selalu memberikan info tentang kotanya yaitu semarang seperti pada gambar, mbak moils memberikan pengetahuan tentang sejarah Semarang. Menarik sekali kan? kita bisa berasa telah jalan-jalan keseluruh Nusantara lewat tweet mereka setiap hari. Asik pol

Dalam perjalanan saya menggunakan Internet  membuat saya  tergabung dengan beberapa komunitas yang akhirnya menjadi bertatap muka. Seorang anak desa yang tidak perna kemana-mana bisa eksis di berbagai acara, itu sungguh luar biasa. Dengan perkenalan diInternet berujung pada dunia nyata secara tidak langsung saya berkunjung ketempat tersebut. Sebuah komunitas pertama adalah Pandaan Facebook. Sebuah komunitas yang dibentuk murni dari pengguna Facebook daerah pandaan dan sekitarnya yang kemudian mengadakan berbagai kegiatan termasuk turing yang nyata, berkumpul pada satu tempat dalam waktu yang sama. semua informasi kegiatan dan lainnya murni dibahas di Facebook alias Internet. Itu foto saat saya menghadiri syukuran ulang tahun Pandaan Facebook yang ke dua.

Sebuah komunitas yang satu ini membuat saya merasa istimewa yaitu Blogger Nusantara. Sebuah hobi Internet membuat saya bergabung dengan Blogger Nusantara dan informasinya pun dari internet semata, karena didaerah saya msih minim jumlah bloggernya. Dipasuruan belum ada komunitas blogger, hal ini membuat saya selalu mencari informasi seutuhnya dari Internet. Dengan internet saya bisa Eksis dan sekaligus narsis di Kopdar 1000 Blogger Nusantara di sidoarjo tahun 2011 kemarin.

 Masih pada topik yang sama Internet membuat saya eksis, baru saja terjadi pada bulan januari 2012 ini. Dengan mengikuti lomba blog yang diadakan komunitas blogger Malang yang bertema mengenal sejarah saya diundang mengikuti acara Oblongmerahmuda di Malang. Sebuah kopdar ulang tahun yang cukup meriah dengan dihadiri oleh komunitas blogger lain misal bekasi, madura dan lainnya. Diawali dengan kopdar dan sarasehan malam harinya. Paling seru bisa keliling kota malang keesokan harinya. Bisa eksis bersama blogger-blogger lain dua hari penuh sambil narsis didepan kamera.Berkeliling dengan berjalan kaki bisa eksis dilihat orang banyak dimalang bersama para blogger lainnya. Sambil menyimak penjelasan tentang sejarah kota malang dari pemandu. Sebuah acara yang menarik dan informasi serta lainnya hanya menggunakan Internet. Ingin puas menggunakan Internet dengan harga murah meriah sesuai dengan kantong kita dari mana saja ? kunjungi http://duniaaxis.co.id.

Dengan Internet kita juga bisa eksis keluar negeri seperti acara yang dilakukan Idblognetwork yang membuat kompetisi Vidio blogging untuk memilih kandidat yang akan dikirim ke Singapura. Pengumuman, info, pendaftarannya dan pengumuman pemenang lewat Internet. Bukan itu saja Vidio Bloging harus di upload di Youtube dan dishare agar banyak yang melihat. Untuk semua peserta yang kurang beruntung diberikan hadiah marcendaise dari Idblognetwork. Jadi kita yang sudah susah paya buat vidio Bloging konten indonesia tidak kecewa. Manjadikan saya makin Eksis dengan Internet lewat Vidio Blogging di you tube. Konten Indonesia karena Vidio bloging asli hasil kreatifitas penyampaian dari blogger itu sendiri. ini vidioku disini

Blog dan Sosial bookmark. Sebuah pekerjaan sebagai blogger atau ngeblog tidak luput dari peran Internet. Tanpa internet maka semua blog, website dan domain akan fakum. Bagaimana mereka mempromosikan blog mereka sehingga di kenal oleh masyarakat luas? ada berbagai alternatif yaitu melalui promosi pada jejaring sosial di Internet ( facebook, Twitter, google+, netlog dan lainnya), blog walking (berkunjung ke blog lain, berkomentar dan meninggalkan link untuk kunjungan balik), yang tidak kalah pentingnya adalah peranan sebuah jejaring yang dapat membuat banyak orang mengetahui postingan kita adalah sosial bokmark (sebuah layanan di Internet yang memudahkan para blogger mempromosikan postingannya dan layanan ini memang di khususkan untuk postingan blog seperti lintasberita.com, vivanews.com dan masih banyak lagi yang lain. Untuk sebuah blog agar selalu di kenal maka harus sering update postingan dan tentunya eksis dalam dunia blogging. Narsis di dunia blogging hanya bisa di lakukan dengan koneksi Internet baik menggunakan wirelles, modem atau lainnya.

Dari cerita diatas sudah jelas Internet merubah saya dari seorang anak desa menjadi eksis, dikenal banyak orang.

11 komentar:

Mantaap,, online teruus sob :)

terima kasih untuk komenter pertamanya..

wow ada nama saya di sini hehe

heee
mbak Marlin@ketahuan deh..yang penting datanya benar kan??... makasi kunjungannya dan sukses selalu yach

aiih ... bagus postingnya sis..gue follow ya keep blogging..semngat terus deh :)

nice banget...senang membaca tulisannya...

terima kasih atas kunjungannya.. sukses selalu

terima kasih,... ini kunjugan baliknya.

ada event blogger ikut ya .

http://www.streetdirectory.co.id/sdi/
semoga sukses. oh ya aku join di blogmu, join balik ya..

Sippp mba... nice post..

knjngi blog ku jg ya mba... ndrakster.blogspot.com