Minggu, 28 Oktober 2012

Rumahku, kantorku. Digital untuk Bisnis

Posted by Haf Sari 08.29, under | No comments

 Pemanfaatan  digital dalam senbuah bisnis merupakan hal yang umum di lakukan. Banyaknya pemnfaatan dunia digital mempermudah orang untuk memulai bisnis. Banyak orang memilih beralih memanfaatkan dunia digital untuk memulai usahanya terutama berjualan dengan berbagai alasan antara lain punya barang namun tidak memiliki tempat atau toko, menghemat modal untuk sewa gedung, menghemat biaya karyawan, tidak memiliki modal untuk membangun sebuah toko. Tuko online bisa di akses kapanpun dan dimanapun dengan sebuah alat sepertyi komputer, laptop, Hp adroid atau Hp blackbery. Dengan sebuah alat dan jaringan Internet kita sudah bisa membangun sebuah toko Online. Selain alat dan jaringan Internet kita juga memerlukan yang namanya Media. Media untuk promosi atau meletakkan barang-barang kita agar di kenal oleh masyarakat luas, bisa di bilang Toko di Internet. Media promosi bisnis online bisa menggunakan media antara lain :
  1. Promosi menggunakan media Web atau Blog.
Sebuah toko Online dapat berupa web atau blog. Dalam penggunaan Web harus tercantum beberapa hal mengenai barang yang kita promosikan antara lain :
  • Nama web atau blog sesuaikan dengan barang yang di jual misalkan Toko souvenir, Toko Pernak-pernik. Hal ini akan berpengaruh pada search engine menuju web kita.
  • Foto produk
  • Keterangan produk. Misalkan ukuran ataupun bahan
  • Cara pemesanan, kebanyakan toko online memakai sistem pemesanan via SMS atau YM.
  • Nomor contak untuk pemesanan dan informasi.
  • Cantumkan Sms Only jika tidak menerima telfon. Kebanyakan toko online menggunakan sistem sms only untuk mempermudah transaksi dan menghindari adanya sistem penipuan yang menggunakan hipnotis via telfon.
  • Cantumkan alamat Toko jika ada.
  • Harga. jika harga belum termasuk ongkos kirim maka cantumkan belum termasuk ongkos kirim.
  • Mencantumkan masa order. sistem masa order 2x24 untuk seorang konsumen mentransfer uang agar bisa segera di kirim atau paling tidak memberikan DP 50% dari total pembelian agar barang tersebut tidak di beli orang lain. Jika melebihi 2x24 jam pesanan di anggap batal.
  • Keterangan jelas mengenai ketentuan lain misal pengiriman di lakukan esok hari jika transfer di atas jam 1 siang.
  • Ketentuan adanya retur atau refound dan keterangan lain yang di anggap perlu.
  • Pemasangan yahoo massangger pada web toko online saya anggap perlu, untuk memudahkan konsumen berkonsultasi mengenai barang yang akan di beli konsumen.
  • Keranjang belanja pada web, menurut saya juga penting, agar konsumen tidak perlu lagi menghitung secara manual jumlah harga barang yang di beli.
Untuk pembuatan Web atau blog anda dapat menggunakan jasa pembuat web toko online.
2. Promosi melalui Sosial Media
Promosi melalui sosial media merupakan hal yang penting, karena dari pada pengguna blog atau Web, pengguna sosial media lebih banyak. Misalkan saja membuat toko Online menggunakan Facebook. kita dapat membuat akun tersendiri atau fanspage untuk toko Online. Akun atau fans page tersebut di berikan nama sesuai dengan nama toko. misalkan toko perna-pernik atau toko Souvenir.Bukan hanya dengan Facebook namun juga bisa menggunakan sosial Media Tweeter atau yang lain. Toko online sosial media menjadi bagian dari kehidupan konsumennya dengan sharing tentang produk terbaru, tips dan lainnya. Tidak di pungkiri toko online menggunakan sosila media lebih interaktif dengan konsumen. Berikut contoh toko online di Sosial media.
Toko Online Sosial media Twitter
Toko online Sosial media lebih di tuntut untuk kreatif dalam berinteraksi dengan konsumen. Berbagai cara di lakukan untuk mendapatkan perhatian dari banyak pengguna sosial media termasuk memberikan tips gratis. Share sesuatu yang penting dan bermanfaat selain barang daganmgan maka akan membuat pengikut di twetter ingin share juga. Jika pengikut kita 10 orang dan setiap pengikut memiliki pengikut 10 orang maka akan semakin banyak yang mengenal toko kita dari share maraton pengikut. Itu adalah contoh Toko Online Twitter. Bagaimana untuk Facebook? berikut contoh dan ulasannya :
Toko online sosial media Facebook
 Facebook lebih banyak di gunakan untuk promo dengan membuat akun toko, bukanlah membuat fanspage. Ada beberapa hal yang perlu di ingat untuk memaksimalkan penggunaan Sosial Media
  •  Barang-barang yang dijual akan di upload dalam album sesuai dengan kategori barang tersebut misal Sarimbit, Blus, Hem atau batik anak.
  • Pengguna media Facebook sebagai toko akan membuat pemesanan barang melalui komentar di bawah foto yang akan di lanjutkan konfirmasi melalui Inbox Facebook. 
  • Setiap update barang baru ataupun harga mereka akan tag teman atau pelanggan yang minta di tag setiap ada barang baru.
  • Update barang yang telah habis dan yang masih ada itu penting, agar konsumen tidak kecewa karena barang yang ingin di beli ternyata habis.
  • Setiap foto memiliki keterangan lengkap mengenai barang tersebut seperti : BFU-06UO (Blouse Firju Model 06 Ungu Orange)

    ***Bahan Katun, model kelelawar, kancing depan)

    ***All Size :LD 168cm, Pj 62cm

    ***Harga Rp. 45.000,-

    *** Order inbox
    SMS 0878 5959 4000 / 08179798081
    BB 284F72E2 / 261711EA
    nama, alamat, kode barang
  •  Mengenai pembayaran dan pengiriman bisa di cantumkan pada biografi toko
3. Pemanfaatan pasang Iklan di Internet. Untuk memperbanyak promosi setiap orang memiliki caranya sendiri misal memanfaatkan adanya penyedia layanan pasang iklan gratis pada beberapa situs. Bukan hanya memasang iklan gratis di beberapa situs namun juga memasang iklan berbayar seperti pasang iklan di blog atau web Non Toko atau berkerja sama dengan penyedia layanan Startup seperti Idblognetwork.

Saya ingin memulai bisnis tetapi bingung apa yang saya jual, karena tidak ada barang yang akan di jual dan tidak memiliki modal untuk membeli barang-barang tersebut. Adakah solusinya?

Untuk anda yang ingin berbisnis melalui dunia digital terutama Internet, kalian tidak perlu bingung tidak memiliki barang yang akan di jual. Ada istilah Dropsip dan juga Reseller dalam toko online. Dropsip adalah menjual barang tanpa harus stok barang untuk di jual. Untuk dropsip kita perlu menjalin kerjasama atau meminta izin kepada pemilik toko, karena setiap toko memberlakukan peraturan berbeda. Intinya anda menjual barang dari toko lain dengan harga anda sendiri dan setiap pemesanan anda pesankan kepada produsen untuk di kirim kepada konsumen anda. Dengan sistem ini anda tidak perlu repot menyediakan modal besar untuk stok barang, melakukan pengepakan barang, mengirimkan barang, karena hal tersebut di lakukan oleh Supliyer/ grosir. Untuk lebih jelasnya berikut skemanya


Dari sekema tersebut sudah jelas bagaimana sistem dropsip sebenarnya. Namun banyak orang yang mnganggap reseller dengan dropsip sama. Namun sesungguhnya Reseller dan dropship berbeda. Resseller sebenarnya lebih mengacu pada menjual kembali yaitu berbelanja terlebih dahulu yang tujuannya untuk di jual kembali. Intinya untuk Resseler kita harus stok barang dari grosir atau supliyer. Skema sistem Reseller sebagai berikut :
Sekarang sudah jelas semua mengenai bagaimana menciptakan bisnis secara digital dengan memanfaatkan Internet baik untuk anda yang ingin memasarkan barang melalui internet maupun yang memulai bisnis tanpa modal. Oupss bukan tanpa modal namun lebih tepat dengan modal minim. Untuk menjadi resseller, dropsip ataupun membuka toko online anda membutuhkan alat. Alat inilah yang akan anda gunakan untuk menjalankan toko anda. Alat yang anda butuhkan untuk menjalankan Bisnis berfariasi bisa menggunakan Komputer, laptop, Ipad, Blackbary, Hp adroid, note book. Penggunaan alat digital untuk bisnis merupakan awal dari kemajuan bangsa di bidang digital. 
Selain alat untuk membuka sebuah bisnis digital khususnya bisnis online perlu adanya jaringan Internet. Tanpa jaringan Internet alat di gital apapun yang kita gunakan tidak berguna untuk bisnis online. Jaringan inernet sekarang sudah berkembang bukan lagi menggunakan kabel namun dengan adanya signal, jaringan internet sudah bisa di nikmati. Berbisnis juga harus pintar menghitung pengeluaran yang harus kita keluarkan untuk membangun bisnis tersebut. Untuk membuka bisnis online kita perlu eksis setiap hari baik di web maupun di sosial media untuk menjawab pertanyaan ataupun menanggapi pesanan konsumen. Persaingan bisnis sangat ketat, siapa cepat dia yang dapat. Kebanyakan konsumen akan berpindah ke toko lain jika kita telat merespon pertanyaan pesanan. 
Alasan biaya Internet membengkak untuk online setiap hari sudah bukan jamannya lagi. Untuk berbisnis kita harus pintar memilih profider yang bersahabat, apalagi untuk pemula.Jaringan bagus dan harga murah sangat di butuhkan untuk bisnis anda. Eksis untuk bisnis Online pakai Axis yang bersahabat dengan bisnis online kita. Axis bagus untuk bisnis ada beberapa alasan antara lain :
  • Paket Gaul Kapsasitas lebih besar yaitu 800MB satu bulan dengan harga Rp 29.900. mingguan 200MB dengan harga Rp 9.900. Lebih cepat hingga 7,2 Mbps
  • Gratis Internet 5 MB setiap pengisian pulsa Rp 5.000
  Aku rasa sudah lengkap sudah mulai dari toko online WEb / Blog, Sosial media ( twitter dan Facebook ), Pasang iklan online, Sistem dropsip dan reseller, alat yang di gunakan untuk bisnis online, Jaringan internet. Satu lagi yang perlu kita tahu sebagai pembisnis digital yaitu pengiriman. Kita harus bisa tahu ongkos kirim kesetiap daerah dan harga ongkos kirim setiap jasa pengiriman. Yang di butuhkan konsumen kita adalah ongkos kirim murah dan cepat. Setiap penyedia layanan kirim barang memiliki kelebihan tersendiri maka dari itu kita harus bisa memaksimalkan seperti yang di lakukan sebuah toko online ini :
a. NCS (www.ptncs.co.id) (untuk pemesanan 5 kodi kebawah)
b. Cargo Garuda Indonesia (untuk pemesanan dalam jumlah besar)
c. First ( untuk pembayaran di tempat)
Selain jasa pengiriman kita juga harus memiliki rekening bank, untuk memudahkan pembayaran. Konsumen kita belum tentu hanya nasabah satu bank saja, sehingga kita memerlukan rekening bank lebih dari satu.Untuk kemudahan kita bisa mengaktifkan layanan SMS banking atau internet banking untuk mengecek benar tidaknya konsumen mengirimkan pembayaran sesuai jumlah yang di sepakati. Konsumen penipu bisa saja transfer uang kurang dari harga yang di sepakati sedangkan kita kadang lupa mengecek tersebut dan langsung mengirim barang sehingga harus menanggung kerugian. Kunci dari berbisnis adalah kejujuran, kosumen akan kembali membeli jika kita jujur.

Jadikan diri kita Axis dan bisnis kita berkembang pesat dengan Axis. Mari dukung Indonesia Melek Digital bersama Axis. ,,,,,,


0 komentar: